Menambah Cita Rasa Masakan, Ketahui Manfaat Kaldu Jamur Bagi Kesehatan!

JABAR EKSPRES – Konsumsi kaldu jamur diketahui dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan kamu, namun tergantung pula bagaimana kamu mengolahnya.

Untuk memperoleh menfaat yang optimal, kamu perlu memastikan untuk memilih bahan-bahan segar dan sehat serta menghindari penambahan bahan berlebihan seperti garam dan lemak jenuh.

Kaldu jamur sendiri mengandung sejumlah nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin, dan mineral. Sedangkan jamur sendiri mengandung vitamin B kompleks, vitamin D, selenium, dan berbagai senyawa antioksidan.

Berikut ini beberapa manfaat dari mengonsumsi kaldu tersebut, dianytaranya:

Manfaat Konsumsi Kaldu Jamur

  • Rendah kalori

Kaldu jamur merupakan pilihan rendah kalori yang cocok untuk orang yang sedang mencoba mengontrol berat badan. Ini dapat menjadi alternatif yang sehat untuk kaldu daging atau kaldu krim yang lebih tinggi kalori dan lemak.

BACA JUGA: Miliki Aroma Yang Khas, Ketahui 7 Manfaat Dari Lada Hitam!

  • Rasa gurih

Jamur memiliki rasa gurih alami yang dikenal sebagai “umami,” yang dapat meningkatkan rasa hidangan tanpa perlu tambahan garam atau bumbu berlebihan.

  • Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jamur mengandung senyawa seperti beta-glukan yang telah diketahui memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh.

Oleh sebab itu mengonsumsi kaldu jamur secara teratur bermanfaat dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

  • Menyehatkan jantung

Kaldu jamur yang dibuat dengan bahan-bahan sehat seperti sayuran dan rempah-rempah tertentu dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA: Miliki Aroma Kuat, Ketahui Manfaat Lain Minyak Bawang!

  • Mendukung pencernaan

Jamur mengandung serat makanan yang dapat mendukung kesehatan pencernaan. Serat juga diketahui dapat membantu memelihara keseimbangan mikrobiota usus dan mempromosikan pergerakan usus yang sehat.

  • Rendah lemak jenuh

Kaldu jamur umumnya rendah lemak jenuh, yang bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  • Pilihan diet vegetarian dan vegan

Kaldu jamur merupakan alternatif yang baik untuk kaldu daging bagi orang yang menjalani diet vegetarian atau vegan. Ini dapat memberikan rasa gurih dan tekstur yang mirip dengan kaldu daging tanpa produk hewani.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan