Contoh Soal TWK Nasionalisme CPNS 2023, Jawaban hingga Penjelasannya

JABAR EKSPRES – Simak contoh soal TWK tentang nasionalisme untuk CPNS yang akan segera melakukan Seleksi Kompetensi Dasar. Contoh soal TWK nasionalisme di bawah ini lengkap dengan jawaban dan penjelasannya.

Calon peserta rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera menghadapi ujian Tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Untuk mempersiapkan diri dengan baik, berikut adalah contoh soal TWK tentang nasionalisme CPNS 2023 yang bisa digunakan sebagai latihan.

Contoh soal dan penjelasannya dilansir dari kanal YouTube desoNdeso yang diunggah pada 3 Mei 2023 tentang TWK nasionalisme.

Contoh Soal TWK Nasionalisme CPNS

1. Corona di Indonesia melonjak, Kabid Pengembangan, Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane mewanti-wanti risiko kolaps fasilitas kesehatan dua hingga empat pekan mendatang. Kolaps dinilai Pane bisa terjadi jika tak ada pergerakan cepat dari pemerintah untuk tegas memperketat aturan demi menekan kasus COVID-19.

Pane mendesak pemerintah memperketat pengawasan warga terkait kepatuhan melakukan protokol kesehatan. Selain itu, ia menyoroti tracing COVID-19 yang perlu dijalankan dengan benar. Salah satu dampak COVID-19 adalah masalah di bidang ekonomi. Berikut merupakan salah satu upaya bentuk nasionalisme untuk meningkatkan ekonomi selama pandemi ini adalah ?

A. Menjaga protokol kesehatan di masyarakat

B. Melakukan sosialisasi vaksinasi covid 19

C. Berdiam diri dirumah menjaga diri

D. Membeli produk-produk dalam negeri terutama produk UMKM

E. Membuat vaksin baru yang lebih efektif

Jawaban: D

Penjelasan:

Kata kunci pertanyaan adalah upaya untuk meningkatkan ekonomi,

Salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi dalam konteks nasionalisme selama pandemi adalah dengan mendukung produk-produk dalam negeri, terutama produk dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tindakan ini dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

BACA JUGA: TWK Nasionalisme CPNS: Pengertian hingga PDF Contoh Materi

2. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

  1. Persatuan nasib
  2. Kesatuan tempat tinggal
  3. Cita-cita bersama
  4. Perbedaan yang mempersatukan
  5. Tujuan bersama

Berikut yang termasuk dalam aspek pembentuk rasa nasionalisme adalah….

A. 1,2,3,4, dan 5

B. 1,2,3, dan 4

C. 1,2,3 dan 5

D.1,3, dan 5

E. 3 dan 5

Jawaban: C

Penjelasan:

Kata kuncinya ada dipertanyaan yaitu ‘aspek pembentuk rasa nasionalisme’.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan