Produk Unggulan Kabupaten Bandung Ditargetkan Tembus Pasar Malaysia

JABAR EKSPRES – Kabupaten Bandung kini memiliki gedung khusus sebagai pusat promosi dan pameran produk-produk industri kecil menengah (IKM), dan berbagai produk unggulan Kabupaten Bandung di bawah binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bandung.

Gedung promosi megah dan modern yang disebut juga Rumah Industri Kreatif Kabupaten Bandung itu bernama Gedung Galeri Kriya Bedas yang terletak di Jalan Gading Tutuka, tepatnya di depan Pasar Ikan Modern (PIM), Soreang. Gedung ini diresmikan secara langsung oleh Bupati Bandung, Dadang Supriatna, Jum’at (20/10/2023).

Baca Juga: Program Mall UKM Academy JNE Cirebon Dorong UMKM Naik Kelas

Kepala Disdagin Kabupaten Bandung, Dicky Anugerah mengatakan pembangunan Gedung Galeri Kriya Bedas ini, menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,1 miliar yang dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada tahun 2022 lalu.

Selain menjadi pusat promosi, pemasaran dan pameran produk-produk Kabupaten Bandung, Galeri Kriya Bedas ini juga akan menjadi pusat pelatihan kemasan atau klinik kemasan bagi para pelaku IKM agar produk mereka dapat menembus pasar nasional dan internasional.

Gedung Galeri Kriya Bedas yang didalamnya menampung puluhan tenant produk IKM Kabupaten Bandung, juga akan menjadi tempat berkumpulnya para pelaku industri kreatif dan tempat pelatihan serta peningkatan kapasitas para pelaku IKM Kabupaten Bandung.

“Melalui Galeri Kriya Bedas ini kami juga mendorong produk-produk IKM Kabupaten Bandung bisa naik kelas. Bisa masuk ritel dan pasar ekspor. Alhamdulillah saat ini sudah hadir para buyer dari Malaysia,” ujar Dicky.

Disdagin Kabupaten Bandung, kata Dicky, telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan ritel besar guna mendorong produk-produk IKM Kabupaten Bandung bisa masuk ke pasar ritel setelah melalui tahapan ritel. Total ada 50 produk IKM yang dikurasi oleh perusahaan ritel.

Selain itu, Dicky juga berharap produk-produk IKM terutama produk unggulan Kabupaten Bandung bisa menebus pasar ekspor terutama ke Malaysia. Terlebih, kata dia, para buyer yang datang dari Malaysia juga tertarik untuk memasarkan produk-produk Kabupaten Bandung.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna berharap Gedung Geleri Kriya Bedas tersebut nantinya dapat menampung seluruh pelaku IKM dan menjadi pusat belanja oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan