Upaya Sumedang Tangkap Peluang dari Keberadaan Tol Cisumdawu

JABAR EKSPRES – Dalam menangkap peluang investasi akibat pembangunan Tol Cisumdawu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang telah menyiapkan beberapa langkah. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati.

“Ini tidak bisa dilakukan secara serta merta pada saat pembangunan, tapi jauh-jauh hari kami sudah mempersiapkan, bagaimana memposisikan diri setelah kabupaten ini dilintasi jalan tol,” ucap Turi Ruswati, dilansir dari Pemkab Sumedang.

Menurut Tuti Ruswati, langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah regulasi. Berkaitan dengan pertumbuhan kawasan baru, regulasi haruslah dipersiapkan berupa peraturan daerah tentang revisi rancangan tata ruang.

Jalan Tol Cisumdawu merupakan proyek strategis nasional (PSN). Dikarenakan melewati wilayah Sumedang, pemangku kepentingan di sana haruslah menangkap peluang tersebut.

BACA JUGA: Inflasi Harga Bapokting di Kabupaten Sumedang Dipastikan Terkendali

“Keberadaan jalan tol menjadi tantangam dan peluang. Untuk menangkap peluang investasi maka harus ada regulasi. Kami sudah memiliki Perda tentang kemudahan berinvestasi di sini. Peraturan bupatinya minggu ini sedang disiapkan untuk ditetapkan,” jelasnya.

Selain itu, Pemkab Sumedang harus menangkap peluang dari aksesibilitas. Hal ini harus dilakukan agar wilayah tersebut tidak mati setelah dilalui oleh jalan tol.

“Maka harus dibangun peluang-peluang yang menarik di setiap exit tol, agar masyarakat pengguna jalan tol tidak hanya sekedar melewati tetapi bisa mampir ke sini,” katanya.

Oleh karena itu, di setiap exit tol harus ada fasilitas menarik yang dibangun oleh Pemkab Sumedang, seperti kuliner, pariwisata, dan lain-lain.

“Sekarang sudah mulai terlihat untuk exit tol di Sumedang kota sudah demikian ramai. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan PDRB kabupaten dari nilai investasi. Kemudian dari PAD, mudah-mudahan bisa meningkat dengan adanya proyek-proyek strategis nasional,” pungkasnya. (*)

BACA JUGA: Minimnya Minat Bekerja di Pabrik Bata Merah Lio Sumedang, Jadi Hambatan Proses Produksi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan