Pemkot Percepat Pembangunan Kolam Retensi Sebagai Upaya Penanggulangan Banjir

JABAR EKSPRES – Masyarakat tinggal menunggu waktu terkait turunnya hujan di wilayah Kota Bandung. Sebab, bulan Oktober merupakan waktu terjadinya masa peralihan musim dari kemarau menjadi penghujan.

Namun, dalam hal ini timbul kekhawatiran terkait potensi banjir yang diyakini tengah mengintai wilayah Kota Bandung. Atas hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah menggenjot perampungan kolam retensi sebagai upaya penanggulangan banjir di tiap kewilayahan.

BACA JUGA: Sampah Pasar Semakin Menggunung, Ema Desak Perumda Tangani Tumpukan di Gedebage

Terbaru, kolam retensi teranyar bakal hadir di wilayah Perumahan Bandung Inten Indah, Jalan Raya Derwati, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menyambut positif terkait kolam retensi yang bakal segera rampung dalam waktu dekat ini.

“Saya lihat kondisinya cukup layak. Tanggal 26 Oktober nanti kami akan usulkan kepada Pak Wali Kota untuk diresmikan,” ujar Ema, Jumat, 20 Oktober 2023.

Nantinya, kolam retensi ini dapat menampung air sebanyak 1.600 kubik. Jumlah tersebut, diharapkan Ema, dapat mengurangi potensi banjir yang kerap terjadi di tempat tersebut.

BACA JUGA: Nyamuk DBD Mengancam, Warga Desa Cikuya Bandung Sempat Terdeteksi Demam Berdarah

“Memang belum menyelesaikan semua. Tetapi, saya rasa dengan jumlah tersebut ancaman banjir di kawasan ini dapat diminimalisir,” lanjutnya.

Selain mendorong percepatan perampungan kolam retensi, baru-baru ini Pemkot Bandung tengah menggelar acara Mapag Hujan yang diharapkan mampu mengurangi potensi banjir di Kota Bandung. (Dam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan