5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering, Yu Praktikan!

JABAR EKSPRES- Ketika kulit Anda kehilangan kelembaban dan mengalami dehidrasi dengan cepat, maka dapat menyebabkan munculnya kulit kering di wajah.  Berikut cara mengatasi kulit wajah kering.

Kulit kering bisa bermacam-macam penyebabnya, termasuk faktor usia, riwayat kesehatan, musim, serta kebiasaan dalam perawatan mandi. Pendekatan perawatan untuk mengatasi kulit kering ini dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya.

Beberapa gejala dari kulit kering, seperti bersisik dan pecah-pecah, bisa sangat tidak nyaman. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Meskipun sebagian besar waktu Anda mungkin memiliki jenis kulit berminyak, namun terkadang kulit wajah Anda bisa mengalami kekeringan.

Kondisi kulit kering dapat mempengaruhi area tubuh mana pun, termasuk tangan, kaki, atau wajah. Menggunakan pelembap yang tepat dapat membantu mengatasi daerah kulit kering ini. Jika penggunaan pelembap berulang kali tidak memberikan hasil yang diinginkan, maka penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit.

Tanda-tanda bahwa Anda mengalami kulit kering di wajah dapat bervariasi tergantung pada faktor usia, kesehatan, serta penyebab dasarnya. Namun, beberapa gejala umum kulit wajah kering dapat meliputi:

  • Kemerahan pada kulit
  • Rasa gatal
  • Kulit terasa kasar
  • Kulit terasa kencang dan kering
  • Mengelupas
  • Bersisik

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Berikut cara mengatasi kulit wajah kering, berikut adalah lima tips yang mudah dan efektif:

  1. Gunakan sarung tangan ketika melakukan pekerjaan rumah tangga. Ini akan melindungi tangan Anda dari kekeringan yang dapat disebabkan oleh bahan berbahaya dalam deterjen dan pembersih rumah tangga. Mengenakan dua lapis sarung tangan adalah ide yang baik untuk perlindungan ekstra.
  2. Pastikan untuk mandi setiap kali selesai berenang, terutama setelah berenang di kolam renang yang menggunakan klorin. Segera keringkan tubuh dengan handuk dan gunakan pelembap yang mengandung gliserin untuk menjaga kelembapan kulit.
  3. Gunakan minyak kelapa sebagai perawatan kulit kering. Minyak kelapa mengandung asam lemak penting yang dapat membantu melembabkan dan melindungi kulit. Anda dapat mengonsumsi minyak kelapa sebagai tambahan dalam makanan atau menggunakannya sebagai pelembap pada kulit.
  4. Gunakan lapisan tebal petroleum jelly. Ini adalah perawatan yang efektif, terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif terhadap bahan kimia dalam produk perawatan kulit. Petroleum jelly adalah pilihan yang baik karena hanya terdiri dari satu bahan dan mudah diserap oleh kulit.
  5. Hindari penggunaan air panas saat mandi atau berenang. Air panas dapat merusak lapisan terluar kulit dan mengeringkannya. Gunakan air hangat atau sejuk untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan