Ternyata Setiap Zodiak Punya Nama Indonesianya, Lho! Siapa yang Baru Tahu?

JABAR EKSPRES – Zodiak merupakan sistem pengetahuan kuno yang menghubungkan posisi dan pergerakan benda-benda langit yang berpengaruh pada kehidupan manusia. Kata zodiak berasal dari bahasa Yunani, Zodiakos kuklos yang berarti lingkaran bintang.

Manusia selama berabad-abad mempelajari rasi bintang untuk membuat rencana dan prediksi kehidupan. Selain itu, rasi bintang pun berguna untuk petunjuk arah, penentuan waktu cocok tanam, berburu, panen, hingga migrasi.

Istilah zodiak muncul setelah manusia mampu mempelajari rasi bintang tersebut. Zodiak sendiri menggambarkan lingkaran yang terdiri atas 12 bagian yang berpusat pada jalur matahari.

BACA JUGA: Batagor H Isan, Kuliner Legendaris Bandung yang Telah Menggoyang Lidah Sejak 1968

Nah, ternyata setiap zodiak juga ada bahasa Indonesianya, lho. Penasaran bagaimana versi bahasa Indonesianya? Baca ulasan berikut.

  • Aries: dalam bahasa Indonesia, Aries disebut Mesa/Hamal. Orang yang memiliki zodiak ini adalah mereka yang lahir pada 21 Maret hingga 19 April. Secara astronomi, rasi bintang ini berada di bagian langit utara khatulistiwa. Secara astrologi, Aries digambarkan dengan domba jantan.
  • Taurus: dalam bahasa Indonesia, Taurus disebut Wrisaba/Saur. Orang yang memiliki zodiak ini adalah mereka yang lahir pada 20 April hingga 20 Mei. Secara astronomi, rasi bintang ini berada di bagian langit utara khatulistiwa. Secara astrologi, Taurus digambarkan dengan sapi jantan.
  • Gemini: dalam bahasa Indonesia, Gemini disebut Mintuna/Jauza. Orang yang memiliki zodiak ini adalah mereka yang lahir pada 21 Mei hingga 20 Juni. Secara astronomi, rasi bintang ini berada di bagian langit utara khatulistiwa yang terlihat diantara bulan Januari hingga Mei. Secara astrologi, Gemini digambarkan dengan orang kembar.

BACA JUGA: Berapa Sih Gaji Pegawai Mie Gacoan di Semua Posisi? Menggiurkankah?

  • Cancer: dalam bahasa Indonesia, Cancer disebut Karkata. Orang yang memiliki zodiak ini adalah mereka yang lahir pada 21 Juni hingga 22 Juli. Secara astronomi, rasi bintang ini berada di bagian langit utara khatulistiwa. Secara astrologi, Cancer digambarkan dengan kepiting.
  • Leo: dalam bahasa Indonesia, Leo disebut Singha/Asad. Orang yang memiliki zodiak ini adalah mereka yang lahir pada 23 Juli hingga 22 Agustus. Secara astronomi, rasi bintang ini berada di bagian langit utara khatulistiwa. Secara astrologi, Leo digambarkan dengan singa.
  • Virgo: dalam bahasa Indonesia, Virgo disebut Mayang/Kanya/Sunbulat. Orang yang memiliki zodiak ini adalah mereka yang lahir pada 23 Agutus hingga 22 September. Secara astronomi, rasi bintang ini berada di antara Leo dan Libra dengan titik deklinasi 0 derajat. Secara astrologi, Virgo digambarkan dengan wanita kembar.

Tinggalkan Balasan