Miliki Beberapa Metode, Ketahui Proses Pematangan Pisang dengan Mudah!

JABAR EKSPRES – Pematangan pisang memiliki beberapa proses yang dapat dilakukan, proses tersebut akan disesuaikan dengan kematangan pisang saat setelah  dipetik.

Berikut ini beberapa metode yang bisa kamu coba untuk mematangkan pisang, diantaranya:

Proses Pematangan Pisang

  • Pematangan alami

Pisang akan matang dengan sendirinya jika dibiarkan pada suhu kamar. kamu bisa memeriksa kematangannya secara berkala dan mengonsumsinya saat sudah mencapai tingkat kematangan yang kamu inginkan.

BACA JUGA: Cegah Masalah Postur Tubuh, Ketahui Cara Duduk Yang Benar!

  • Pematangan dalam kantong kertas

Letakkan pisang dalam kantong kertas lalu kamu bisa ikat bagian atasnya.

Hal ini dilakukan karena gas etilen yang dihasilkan oleh pisang akan tertahan dalam kantong, dengan begitu dapat mempercepat proses pematangan. Ini karena gas etilen merangsang pematangan buah.

Pastikan kantong tidak rapuh sehingga gas etilen tetap terperangkap. Periksa pisang secara berkala untuk memastikan mereka tidak terlalu matang.

  • Pemanasan dalam oven

kamu bisa mempercepat pematangan pisang dengan memanaskannya dalam oven selama beberapa menit pada suhu rendah (sekitar 150 derajat Celsius). Pilih metode ini hanya jika kamu ingin menggunakan pisang matang untuk memasak atau membuat kue pisang.

BACA JUGA: Tidak Dikonsumsi Secara Berlebihan, Ketahui Kandungan & Manfaat Minyak Sayur!

  • Kemasan plastik

Jika kamu ingin memperlambat proses pematangan pisang, kamu bisa memisahkan pisang yang sudah matang dari yang belum matang dan menyimpan yang sudah matang dalam kemasan plastik di dalam kulkas.

  • Pematangan dengan buah lain

kamu juga dapat meletakkan pisang bersama buah-buahan lain yang menghasilkan gas etilen, seperti apel atau tomat, untuk mempercepat pematangan.

  • Pematangan dengan gula dan madu

Taburi sedikit gula atau madu pada pisang yang belum matang dan bungkus dengan plastik. Gula atau madu akan membantu mempercepat pematangan pisang.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan