Kenapa Dinamakan Kota Banjar? Ini Sejarahnya!

JABAR EKSPRES – Kota Banjar Pataruman atau yang lebih sohor dengan nama Kota Banjar merupakan sebuah kota kecil dan muda di Provinsi Jawa Barat. Tapi, kenapa sih nama kota ini dinamakan Banjar?

Tenyata, kenapa dinamakan Kota Banjar adalah tidak lepas dari sejarah masa lalu kota tersebut. Hal ini sebagaimana yang telah ditulis oleh Zaenuddin HM (2013) dalam bukunya yang berjudul “Asal-Usul Kota-Kota di Indonesia Tempo Doeloe”.

Dalam buku itu, Kota Banjar berasal dari berdirinya Kerajaan Kertabumi pada tahun 1625 dengan raja pertamanya Singaperbaya. Lalu, dilanjutkan oleh anaknya, Singaperbaya II atau yang lebih sohor dengan Dalem Tambakbaya. Diperkirakan, pusat pemerintahan Kerajaan Kertabumi berada di Banjar Kolot, Kecamatan Banjar.

BACA JUGA: Sejarah Terbentuknya Kota Banjar: Kota Kecil yang Dijuluki “Gerbang Jawa Barat”

Sebelum berdiri kerajaan itu, wilayah Banjar merupakan hutan tarum atau nila yang banyak digunakan sebagai pewarna kain. Hingga kini, hutan tarum yang berada di pinggiran Sungai Citanduy masih eksis di kota tersebut.

Kenapa dinamakan Kota Banjar? Jika dibedah, Banjar sendiri berarti tempat dan Patroman atau Pataruman berarti hutan tarum.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Kota Banjar Pataruman atau Banjar berarti tempat hutan tarum. Hal ini dikarenakan wilayah di sana banyak ditemukan hutan tarum. (*)

BACA JUGA: Cuma Berjarak 4 KM dari Gedung Sate, di Sinilah Titik Tengah Provinsi Jawa Barat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan