International Student Summit 2023, Telkom University Jadi Tuan Rumah

JABAR EKSPRES – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar International Student Summit (ISS) 2023. Tahun ini program ISS diselenggarakan di Bandung dan Telkom University berkesempatan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan kegiatan ISS 2023 ini.

ISS merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek, dan merupakan acara untuk mahasiswa asing, khususnya Kemitraan beasiswa Negera Berkembang (KNB) yang sedang menempuh pendidikan di berbagai universitas di Indonesia.

Pada pembukaan ISS 2023 yang berlangsung di Aula Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (16/10), Direktur Kerja Sama Strategis & Kantor Urusan Internasional Telkom University, Lia Yuldinawati, Ph.D., melaporkan dalam ISS 2023 akan berlangsung selama tiga hari, 16 – 18 Oktober 2023.

“Tema yang kami usung adalah Living the Culture: The Smiling Paris Van Java, tema tersebut kami ambil untuk memperkenalkan Jawa Barat dan keramahan masyarakatnya, budaya yang ceria namun juga sarat nilai filosofis dan tentunya memperkenalkan keindahan lanskap Jawa Barat.” Ucapnya.

Lia menambahkan program ISS tahun ini diikuti oleh 170 (seratus tujuh puluh) mahasiswa dari 27 (dua puluh tujuh) perguruan tinggi dan berasal dari 52 (lima puluh dua) negara yang sedang menempuh pendidikan di Indonesia.

Selama tiga hari kedepan peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan mulai dari pembukaan hari ini, yang diisi dengan sesi pleno oleh Siti Nugraha Mauludiah (Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia) dengan tema Soft Diplomacy by Scholarship dan Dr. Lukman (Direktur Kelembagaan Kemdikbudristek) dengan tema Beasiswa KNB. Besok akan ada Workshop Tie Dye, lomba tari dan permainan tradisional, pertunjukan budaya Sunda oleh Saung Angklung Udjo, serta akan ada kompetisi yang terdiri dari ;

  • Creative Vlog dengan tema “Nilai Positif Indonesia” dengan peserta dari 13 universitas
  • Story Telling Video Competition dengan 3 cerita Sunda yang dapat dipilih peserta dengan peserta dari 14 Perguruan Tinggi.
  • Kelompok Lomba Tari Tradisional Nusantara atau Solo dengan peserta dari 14 Perguruan Tinggi.
  • Lomba Permainan Tradisional Jawa Barat yang wajib diikuti oleh seluruh siswa.
  • Tie Dye juga wajib untuk semua siswa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan