Fenomena Istilah Viral Daebak dari Korea, Apa Makna Daebak?

JABAR EKSPRES – Bahasa gaul anak muda zaman sekarang semakin kreatif dan beragam. Tidak hanya mengadopsi kata-kata dari bahasa Inggris, tapi juga dari bahasa Korea. Salah satu kata yang sedang populer adalah “daebak”. Lalu apa arti dan makna dari istilah ‘Daebak’ dari bahasa Korea ini?

Kata ini sering terdengar di drama-drama Korea, dalam percakapan sehari-hari, di media sosial, bahkan dalam iklan-iklan makanan. Namun, tahukah kamu apa sebenarnya arti dan makna dari kata “daebak”?

Menurut Koreanly, “daebak” memiliki makna yang sangat positif, seperti luar biasa, wow, atau kemenangan besar. Kata ini digunakan ketika seseorang merasa terkejut dengan hal-hal yang mengagumkan.

Baca juga : Trend “Empuk Jeru” yang Viral di Sosial Media, Apa Sebenarnya Arti dan Maknanya?

Asal usulnya berasal dari dua kata, yaitu “Dae” yang artinya besar, dan “Bak” yang awalnya merujuk pada kemenangan besar dalam permainan kartu. Seiring berjalannya waktu, makna kata ini berkembang menjadi ungkapan untuk menyatakan kekaguman atau keheranan terhadap sesuatu yang sangat mengesankan.

Contoh penggunaannya pun beragam, misalnya saat mendengar lelucon yang sangat menghibur, memuji kemampuan berbahasa Inggris seseorang, memberikan doa keberuntungan untuk orang lain, atau memberikan harapan pada kesuksesan seseorang.

Beberapa contoh kalimat penggunaan “daebak” meliputi:

“Daebak, leluconmu kocak banget!”

“Daebak, kamu fasih banget berbahasa Inggris!”

Di Korea, kata “daebak” juga sering di pakai dalam percakapan sehari-hari. Meskipun terdengar santai, kata ini tetap sopan dan dapat diucapkan kepada siapa saja, termasuk orang yang lebih tua, saat kita merasa terkejut, senang, atau terkesan dengan sesuatu.

Baca juga : Istilah “Chawnima Lee” yang Viral di Sosial Media, Apa Sebenarnya Arti dan Maknanya?

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan kata “daebak” ketika kamu ingin menyatakan kekagumanmu!

Tinggalkan Balasan