3 Keistimewaan Negara Palestina dalam Sejarah Islam

JABAR EKSPRES- Palestina, wilayah yang kaya akan keistimewaan, juga telah menghadapi beragam tantangan dan konflik yang terus mempengaruhi kehidupan sehari-hari penduduknya.

Sejarah Palestina mencakup periode yang sangat panjang, termasuk momen ketika Nabi Musa membawa kaumnya keluar dari Mesir menuju wilayah ini.

BACA JUGA : Sejarah Nabi Isa yang Hendak di Bunuh Orang Yahudi di Palestina

Palestina, atau dikenal sebagai Baitul Maqdis, juga merupakan kiblat pertama bagi umat Islam. Tempat ini terletak di Kota Tua Yerusalem.

Secara geografis, Palestina terletak di antara Laut Tengah dan Sungai Yordan di Timur Tengah. Wilayah ini juga dikenal sebagai tempat tinggal bagi banyak nabi.

Karena statusnya sebagai tanah para nabi, Palestina memiliki beberapa karakteristik istimewa yang diuraikan dalam buku “Memori Palestina dan Romawi Timur” dari penerbit Cerdas Interaktif:

1. Masjid Al Aqsa, yang berada di Palestina, adalah kiblat pertama bagi umat Islam. Tempat ini memiliki kedudukan istimewa setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Melakukan sholat di Masjid Al Aqsa memberikan pahala 500 kali lipat dibandingkan dengan sholat di masjid lain (kecuali Masjidil Haram dan Masjid Nabawi).

2. Beberapa nabi, termasuk Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, Nabi Ishak, Nabi Yakub, Nabi Yusuf, Nabi Luth, Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Saleh, Nabi Zakaria, Nabi Yahya, dan Nabi Isa, pernah tinggal dan mengabdi di Palestina.

3. Peristiwa Isra Mi’raj melibatkan perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Isra Mi’raj merupakan perjalanan agung Nabi Muhammad ke langit ke-7 untuk menerima perintah shalat langsung dari Allah SWT.

BACA JUGA :  Aksi Bela Palestina di Tokyo Gemakan Suara Takbir

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan