Kadin Kota Bandung Soal Pemberdayaan Masyarakat UMKM

JABAR EKSPRES – Pegiat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu penopang ekonomi masyarakat. Saat ini pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah berupaya dapat pedagang UMKM dapat ‘naik kelas’.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung, Iwa Gartiwa menyebut, upaya riil itu berkaitan dengan bantuan dan upgrade inovasi bagi pegiat UMKM.

BACA JUGA: Imbas Penutupan TPS Sederhana, Sampah Menumpuk di Bahu Jalan

“Kami keliling tiap kecamatan untuk mengedukasi mereka untuk produksi, dari marketing dan management. Itu salah satu yang kami berikan para pelaku usaha,” sebut Iwa kepada Jabarekspres, Selasa (17/10).

Bantuan pemberdayaan UMKM itu termasuk menyoal masalah permodalan. Menurutnya, hal demikian tidak kalah penting. Begitupula dengan network atau jaringan para pelaku usaha.

“Jejaring itu harus dibuka. Salah satu kunci sukses pengusaha kan berjejaring. Ini yang harus kami terus upgrade. Mulai dari lokal tingkat RT/RW, itu kami terus kembangkan sampai tingkat kota. Ini tugas kita bersama,” jelas Iwa.

BACA JUGA: Sebulan Belum Diangkut, Ada ‘Gunung Sampah’ di Jalan Kapten Abdul Hamid Bandung

Lalu, dia menjelaskan, kuliner Kota Bandung sebetulnya sudah bisa menjadi unggulan. Lantas dirinya mengharapkan, hal tersebut bisa terealisasikan. Terutama perihal inovasi usaha.

“(Namun, red) yang kami dorong itu inovasi. Inovasi bagi para UMKM itu mesti terus dikembangkan. Terutama makanan. Inovasi ini penting. Kalau tidak, kalah sama yang lain,” pungkasnya. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan