Binder Akui Kesalahannya yang Buat Marini dan Oliveira Crash di MotoGP Mandalika

JABAR EKSPRES – Pembalap tim Red Bull KTM, Brad Binder, mengakui bahwa ada kesalahan yang menyebabkan Luca Marini (Mooney VR46) dan Miguel Oliveira (RNF Racing) bertabrakan pada balapan utama MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Minggu (15/10).

“Saya dengan tulus meminta maaf kepada seluruh tim Mooney VR46 dan tentu saja Luca (Marini). Lalu soal Miguel (Oliveira) di tikungan 2, itu 100% kesalahan saya. Jadi sekali lagi tidak ada permintaan maaf yang menyalahkan dia dan timnya juga,” kata Binder, dikutip dari Antara Senin (16/10).

Binder, yang finis di P6, dijatuhi penalti dua lap karena mengendarai motor dengan berbahaya.

BACA JUGA : Finis Kelima di Mandalika, Bezzecchi Ungkap Dirinya Belum Pulih Sepenuhnya dari Cidera

“Baik penalti maupun tambahan waktu dua lap, saya pantas mendapatkan keduanya. Semua hal dipertimbangkan, kami beruntung bisa finis di urutan keenam,” ujar pembalap asal Afrika Selatan itu.

Mengenai penyebab kecelakaan tersebut, Binder mengungkapkan bahwa penyebabnya adalah kesalahan dalam pemilihan ban. Ia memilih ban belakang medium yang menurutnya merupakan pilihan terbaik.

“Saya tidak yakin ban mana yang harus dipilih dan pada akhirnya ban belakang medium yang tepat, jadi terima kasih atas bantuan tim,” ujar Binder.

“Lap pertama cukup bagus. Saya hanya ingin percaya diri, di tikungan 8 saya sedikit goyah dan saat mengerem di tikungan 9 tuasnya langsung kembali ke jari saya jadi saya tidak ‘saya tidak melakukan itu’, saya mendapat banyak tekanan,” tambahnya.

BACA JUGA : Ini Kunci Maverick Vinales Raih Podium di MotoGP Mandalika

Sementara itu, putaran ke-16 MotoGP 2023 akan berlangsung di sirkuit Phillip Island akhir pekan depan.

Binder mengatakan sirkuit ini merupakan salah satu favoritnya karena membutuhkan keahlian teknis dan kecepatan yang tinggi, selain itu, iklim lintasan yang jauh lebih sejuk di selatan Melbourne.

“Phillip Island adalah trek favorit saya di kalender, kami hanya perlu mempertahankan penggunaan ban di sana. Saya memiliki perasaan yang baik di masa lalu (di lintasan), jadi saya harap ini akan menjadi akhir pekan yang positif,” ujar Binder.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan