Cek Fakta Bahaya Minum Es Teh Setelah Makan Bakso!

JABAR EKSPRES — Kabar mengenai bahaya minum es teh setelah makan bakso sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Sebuah video yang viral di platform seperti TikTok, Twitter, dan Instagram, menyatakan bahwa es teh mengandung senyawa tanin yang dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi dalam bakso.

Video yang diunggah oleh akun @Zonagizi.id di TikTok, menyarankan agar makan bakso sebaiknya tidak diikuti dengan minum es teh, karena tanin dalam es teh disebut dapat menghambat penyerapan protein dalam bakso.

Sejumlah penelitian tentang khasiat teh bagi kesehatan pencernaan telah dilakukan, dan beberapa di antaranya menyebutkan bahwa teh memberikan dampak positif dengan membantu sistem pencernaan berfungsi lebih efisien. Teh juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah komplikasi dalam sistem pencernaan.

BACA JUGA: Ternyata Beberapa Alasan Ini Bisa Menjadi Penyebab Pembekuan Darah!

Namun, ada penelitian lain yang menyatakan bahwa senyawa fenolik dan tanin yang terkandung dalam teh dapat mengganggu penyerapan zat besi. Kebiasaan minum teh setelah makan bakso yang kaya protein hewani dan mengandung zat besi dapat menyebabkan kompleks antinutritional-mineral yang tidak larut terbentuk.

Sehingga mengurangi kandungan zat besi dalam makanan dan membuat zat besi sulit diserap oleh tubuh. Padahal, zat besi memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah.

Namun, penting untuk dicatat bahwa minum teh setelah makan tidak berbahaya bagi semua orang, kecuali untuk pasien yang mengalami defisiensi zat besi. Bagi orang yang membutuhkan asupan zat besi lebih, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai kebiasaan minum teh setelah makan.

Selain itu, ditemukan juga bahwa minum teh selama atau setelah makan dapat menurunkan kadar katekin, senyawa yang memberikan rasa pahit dalam teh dan memiliki peran penting untuk kesehatan. Katekin memiliki senyawa antioksidan yang sangat kuat, yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas dan membantu mencegah penyakit kronis.

BACA JUGA: Diet Asam Urat, Panduan Makan untuk Mengurangi Gejala dan Risikonya

Secara keseluruhan, minum es teh setelah makan bakso memang menjadi topik yang menarik perhatian di media sosial. Meskipun beberapa penelitian menunjukkan adanya potensi mengganggu penyerapan nutrisi, hal ini terutama relevan bagi orang dengan defisiensi zat besi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan