Perpustakaan Kota Cimahi Raih Juara 1 Cimahi Motekar Award

JABAR EKSPRES – Perpustakaan Kota Cimahi mendapatkan apresiasi juara 1 kompetisi Cimahi Motekar Award 2023 pada kategori Perangkat Daerah dari program CRH (Cimahi Reading Habit) pada 30 Agustus 2023 lalu.

Apresiasi tersebut ditujukan dari program smart city guna memberikan dampak positif pada masyarakat. Perpustakaan Kota Cimahi berhasil memberikan program yang mengedukasi masyarakat terutama pada kalangan generasi milenial.

BACA JUGA: Perpustakaan Cimahi Terus Berupaya Tingkatkan Minat Baca Masyarakat di Era Digital

Pustakawan Perpustakaan Kota Cimahi, Yadi Sas Rusdiansah mengatakan program CRH (Cimahi Reading Habit) menonjolkan program yg menarik, interaktif dan adaptif. Karena program CRH tersebut melibatkan orang tua dan anak untuk lebih meningkatkan kesadaran literasi.

“Menarik dengan adanya stimulus reward, interaktif karena melibatkan peran serta siswa, orang tua dan guru atau pustakawan atau pun koordinator CRH,” ucap Yadi saat ditemui Jabar Ekspres pada, Kamis (11/10).

Yadi menerangkan, program CRH merupakan inovasi perpustakaan dalam mengupayakan minat baca pada masyarakat dan lebih khususnya pada anak-anak.

“CRH sendiri merupakan program inovasi perpustakaan dalam upaya peningkatan minat baca masyarakat khususnya siswa atau pelajar yang disertai stimulus yang berupa reward untuk setiap level pencapaian membaca siswa,” terangnya.

Program yang telah dijalankan sejak tahun 2014, hingga saat ini mengalami perkembangan. Seperti salah satunya beranjak pada media online guna memudahkan pembaca dalam mendapatkan buku berbentuk digital.

“Program CRH sendiri dicanangkan sejak tahun 2014, namun seiring dengan kemajuan teknologi, dan adaptasi masa pandemi CRH berkembang menjadi CRH Online menggunakan bahan bacaan digital ebook melalui aplikasi e-Lib Kota Cimahi,” ujarnya.

BACA JUGA: Rangkaian Kegiatan Hari Asuransi Tahun 2023: “Literasi Asuransi untuk Negeri”

Program CRH sendiri mengarah pada pelajar, meskipun secara umum program tersebut menyasar pada masyarakat luas tapi lebih difokuskan pada anak-anak guna meningkatkan kualitas dan juga potensi minat baca.

“Segmentasi awal CRH adalah pelajar SD, tapi sejak tahun 2021 program CRH sendiri mencoba menambah segmentasi masyarakat secara umum dengan menghadirkan berbagai event-event CRH Online Bulanan,” tandasnya. (Firman)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan