Lantunan Hadrah para Santri Sambut Kedatangan Ganjar Pranowo di Ponpes Al-Falak Bogor

JABAREKSPRES – Lantunan hadrah para santri menyambut kedatangan bakal Calon Presiden (bacapres) Ganjar Pranowo ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Falak Pagentongan, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu 11 Oktober 2023 malam. Mereka tampak antusias menyambut mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Kemudian Ganjar Pranowo langsung berziarah dan bertahlil di hadapan makam Mama Falak didampingi Pimpinan Ponpes Al-Falak, KH Tubagus Agus Fauzan, serta para pengasuh dan ustaz.

Ditemui usai mengunjungi Ponpes Al-Falak, Ganjar menyampaikan rasa bahagianya karena mendapat kesempatan untuk mengunjungi ke Ponpes tertua di Bogor ini.

“Jadi ini sejarah pondoknya sudah sangat tua 1800-an di Bogor dan lagi-lagi makin banyak kita bertemu Ponpes yang sudah tua, selalu ada sejarah perjuangan dari Ponpes. Jadi paslah kalo kemudian resolusi jihad itu lahir karena banyak para Kiai punya semangat kebangsaan sangat tinggi ya,” kata Ganjar.

Disebutkan Ganjar Pranowo, usai bersilahturahmi dan berziarah dengan pimpinan Ponpes Al-Falak dirinya mendapatkan pengetahuan baru perihal sejarah perjuangan para Kiai dan Ulama untuk mendirikan Indonesia.

“Tentu saja lebih banyak sekali bisa kita temukan bagaimana para kiai ikut berjuang mendirikan republik ini,” ungkapnya.

Selain itu Ganjar menuturkan Pondok Pesantren selalu mempunyai kesan baginya. Baik itu kesan mengenai mengenai ilmu agama maupun perjuangan untuk selalu mencintai tanah air.

“Maka kalau kita cerita Hubbul Wathon Minal Iman terlihat betul ketika kita mendapati satu per satu dari cerita sejarah Ponpes yang ada itu mengajarkan pada kita di mana pun kita berada kita mungkin mencintai tanah air,” ujar dia.

“Dari profesi, dari komunitas dari kelompok apapun yang bisa berkontribusi bersama-sama termasuk dari pondok pesantren,” imbuh Ganjar Pranowo. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan