Ratusan Atlet Ikuti Gantole Paralayang Festival 2023 di Puncak Bogor

BOGOR, JABAR EKSPRES – Ratusan peserta dari berbagai daerah mengikuti acara Gantole Paralayang Festival 2023 di Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Rabu 11Oktober 2023. Acara tersebut digelar selama tiga hari mulai dari 10 Oktober sampai 12 Oktober.

Cuaca yang sangat sejuk di kawasan puncak mempermudah para atlet paralayang untuk mencoba olahraga memacu adrenalin tersebut.

Dengan segela peralatan, dan baju lengkap ditambah angin yang bagus, maka mulailah mengambil para atlet paralayang posisi untuk kemudian terbang.

Ketua Persatuan Gantole Paralayang Indonesia (PGPI) Kabupaten Bogor, Wawan Hikal Kurdi menjelaskan, Festival Paralayang Gantole ini diikuti Atlet Paralayang asal Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan Kalimantan.

“Jadi acara ini bukan hanya festival saja, tetapi ada perlombaan, kami kedatangan 70 Atlet Paralayang dari berbagai daerah dan 30 atlet asal Gantole,” kata Wawan Hikal Kurdi kepada media.

BACA JUGA: Penertiban PKL Puncak Bogor Ditunda, Diduga Ada Kepentingan Politik?!

Penilaian dalam lomba kali ini adalah lomba ketepatan mendarat, tidak akan dinilai dari keindahan terbang, tingginya terbang dan lamanya terbang.

Festival Paralayang Gantole ini rutin diadakan setiap tahunnya dengan mengundang atlet- atlet Paralayang dari berbagai daerah.

Pada tahun ini Festival tersebut baru diadakan kembali setelah 3 tahun sempat vakum akibat adanya pandemi Covid-19 yang melanda negara Indonesia dan dunia.

Selain itu, kata Wawan Hikal festival ini juga sebagai bentuk pemanasan para atlet paralayang asal Gantole Kabupaten Bogor untuk menyiapkan diri dalam mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumut 2024.

“Ini salah satu pemanasan untuk persiapan PON. Saya sudah empat kali menjadi menejer PON. Targetnya harus kembali menjadi juara umum,” tambahnya.

Diketahui, Atlet Kabupaten Bogor dari Paralayang Gantole berhasil sabet tiga medali emas sekaligus mewakili Jawa Barat di PON XX Papua.

“Di Papua Gantole juara umum raih 3 mendali emas mewakili Jawa Barat,” tutupnya.

BACA JUGA: Ratusan PKL di Kawasan Puncak Bogor Akan Dibongkar

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Bogor Deni Humaedi menyampaikan, festival ini digelar untuk menarik dan mengenalkan kaula muda tentang apa itu gantole dan paralayang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan