Rangkaian Kegiatan Hari Asuransi Tahun 2023: “Literasi Asuransi untuk Negeri”

JABAR EKSPRESHari Asuransi yang diperingati setiap tanggal 18 Oktober, dantahun ini merupakan perayaan yang ke-17 tahun. DAI menunjuk Asosiasi Penilai Kerugian Asuransi Indonesia (APKAI) sebagai Ketua Pelaksana Hari Asuransi 2023 berkolaborasi dengan asosiasi-asosiasi di bahwa naungan Dewan Asuransi Indonesia (DAI).

Mengacu kepada literasi dan inklusi pada hasil Survei Nasional Literasi danInklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada tahun 2022, literasi dan inklusi padasektor Asuransi masih di bawah level Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang lain, walaupun mengalami pertumbuhan sejak dua periode, hal ini sejalan dengan tingkat penetrasi dan densitas yang masih relatif rendah di Indonesia. Literasi padasektor Perasuransian berada pada level 31.7% sedangkan inklusi pada level 16.6%, pencapaian ini masih relatif jauh di bawah Perbankan dimana literasi padasektor ini mencapai 49.9% dan inklusi pada level 74.0%. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk terus meningkatkan inklusi di industri perasuransian.

Baca Juga: TelkomGroup Siapkan Satellite News Gathering dan Host Broadcaster SEA Today untuk KTT AIS Forum 2023

Dalam rangka mendukung hal tersebut, Panitia Hari Asuransi 2023menyelenggarakan serangkaian kegiatan literasi kepada masyarakat luas dengan berbagai acara, baik sosialisasi maupun promosi dari masing-masing perusahaan asuransi, institusi terkait dan juga kerjasama dengan asosiasi perasuransian di Indonesia.

Merupakan tantangan tersendiri untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan Asuransi agar Asuransi dapat memasyarakat dan dirasakankebutuhannya dan menjadikan perlindungan bagi semua kalangan.

“ Dikarioso Ketua Umum APKAI menyampaikan bahwa literasi Asuransi kepada Masyarakat harus terus di dukung dan ditingkatkan oleh seluruh pelaku industri Perasuransian, termasuk APKAI sebagai bagian dalam industri Perasuransian akan berperan aktif dalam literasi Asuransi kepada masyarakat agar memahami hak dan kewajiban dalam berasuransi sehingga masyarakat sadar akan manfaat berasuransi ”

Pelaksanaan Hari Asuransi 2023 diketuai oleh Rio Darante dari APKAI (Asosiasi Penilai Kerugian Asuransi Indonesia) berkomitmen untuk melakukan rangkaian kegiatan“Literasi Asuransi untuk Negeri” berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani, dengan harapan dapat meningkatkan perluasan inklusi perasuransian kepada sektor UMKM, dengan melakukan kegiatan literasi di beberapa kota di Indonesia sebagai berikut :

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan