Kemarau Panjang, Danau Cinere Kekeringan

JABAR EKSPRES – Kemarau panjang sebabkan kekeringan di sejumlah wilayah di Kota Depok. Tidak hanya pemukiman warga saja yang mengalami kekeringan, namun sejumlah situ dan danau pun ikut menyusut bahkan mengering. Salah satunya adalah Danau Cinere.

Danau Cinere merupakan sebuah tempat kumpulan air yang berada di kawasan RW 04 Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere, Kota Depok. Terlihat, danau tersebut mengering di seluruh permukaannya.

Menurut Camat Cinere, Mursalim Saimin, Danau Cinere yang kering hanya berfungsi sebagai tadah hujan saja.

“Kalau itu kan (danau) memang tadah hujan ya, tidak ada mata airnya. Dari tahun ke tahun ya seperti itu kalau kemarau kering, nanti hujan ada lagi (airnya),” ujar Mursalim saat dikonfirmasi, Rabu 11 Oktober 2023.

BACA JUGA: Monyet Liar Serang 2 Bocah di Depok

Ketika ditanyakan sudah ada aduan dari warga sekitar mengenai keringnya danau tersebut, Mursalim menjelaskan pihaknya masih belum mendapatkan laporan.

“Dari warga sekitar belum ada laporan, karena memang itu biasa seperti itu. Mulai keringnya itu belum lama, ada seminggu lah. Nanti hujan juga ada lagi airnya,” tukas Mursalim.

Sementara itu, warga yang kerap melintas, Ahmad Fahri (32) mengatakan jika di pertengahan bulan September lalu kondisi air di danau sudah mulai menyusut.

“Waktu itu mah emang mulai menyusut airnya pas kemarau. Sekarang udah kering begini malah gak ada airnya sama sekali,” tutup Fahri.

Pantauan di lokasi, kondisi Danau Cinere keseluruhannya terlihat kering. Ada tumbuhan rumput liar yang mulai memenuhi danau tersebut. (Mg10)

BACA JUGA: Monyet Liar Mulai Masuki Pemukiman Warga Depok

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan