Jelang Satu Hari Pilkades Serentak, Pemerintah Kabupaten Bandung dan Kepolisian Gelar Apel Pasukan Pengamanan Demi Jaga Kondusifitas

JABAR EKSPRES – Satu hari menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang akan dilaksanakan pada 11 Oktober 2023, Pemerintah Kabupaten Bandung bersama Polresta Bandung melakukan kegiatan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak di halaman Mapolres Bandung, Selasa (10/10/2023).

Diadakannya Apel Gelar pasukan ini bertujuan untuk menunjukkan kesiapan Polri beserta unsur-unsur terkait lainnya dalam menyelenggarakan pengamanan Pilkades Serentak di Kabupaten Bandung agar dapat berjalan lancar, damai dan kondusif.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengatakan Pilkades Serentak menjadi agenda administrasi pemerintahan yang pelaksanaannya berdasarkan Undang-undang Desa. Oleh karena itu, dirinya mengajak masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya pada hari pencoblosan nanti.

“Yang paling utama saya titip adalah bagaimana dapat mendorong partisipasi masyarakat untuk dapat menyukseskan Pilkades Serentak serta turut serta menjaga kondusifitas pesta demokrasi. Saya minta jangan ada intimidasi dan hal-hal negatif yang dilakukan,” ujar Dadang di Mapolresta Bandung, Selasa (10/10/2023).

BACA JUGA: Jatah Pengiriman Sampah ke Sarimukti Habis, Layanan Angkutan Dihentikan

Dadang menambahkan, digelarnya apel ini juga untuk mengantisipasi adanya potensi-potensi kerawanan yang sangat mungkin terjadi pada Pilkades Serentak.

Sehingga, pihaknya menaruh perhatian khusus terhadap keamanan wilayah dan masyarakat agar tidak terjadi konflik horizontal imbas dari potensi sengketa penyelenggaraan Pilkades Serentak.

“Tentunya prediksi-prediksi (potensi kerawanan) harus bisa diantisipasi. Juga bagaimana kita mengawal dan menjaga kondusifitas penyelenggaraan pilkades serentak yang sukses tanpa ekses,” katanya.

Selain itu, Kang DS, sapaan akrabnya, menjelaskan, nantinya untuk mengantisipasi terjadinya berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi.

Pihaknya bersama dengan instansi lainnya terutama TNI dan Polri, serta Pemkab Bandung telah merumuskan dan menetapkan langkah-langkah humanis, inovatif dalam cara bertindak.

“Kami bersama Polri, instansi terkait lain dan mitra Kamtibmas siap mengamankan Pilkades Serentak dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum,” ujar Kang DS.

Kang DS juga meminta agar para calon kades maupun tim sukses serta pendukungnya, menghindari sikap-sikap provokatif karena berpotensi menimbulkan gesekan atau konflik horizontal.

“Mengingatkan juga kepada para calon kades maupun tim suksesnya jika terbukti melakukan penghasutan, provokasi hingga penyerangan dan perusakan dapat terjerat pidana. Sehingga saya meminta agar semua pihak dapat tetap menjaga suasana kondusif,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan