Monyet Liar Serang 2 Bocah di Depok

JABAR EKSPRES – Dua orang bocah di Depok menjadi korban gigitan monyet liar di kawasan Gang Menteng, RT 4 RW 4, Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok.

Menurut pimpinan Regu B Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok UPT Cipayung, Sahlani, dua bocah telah menjadi korban akibat diserang monyet tiga monyet liar yang mendatangi rumah warga.

“Salah satu monyet liar menyakar korban hingga terluka sobek di dahi korban berinisial AB,” kata Sahlani saat dikonfirmasi, Senin 9 Oktober 2o23.

Dia mengatakan, UPT Cipayung menerima laporan monyet liar memasuki permukiman warga di Gang Menteng sejak Sabtu, 7 Oktober 2023. Petugas UPT Cipayung lantas berangkat menuju lokasi kejadian untuk melakukan proses evakuasi.

Lanjutnya, petugas sempat menyisir lokasi untuk mencari monyet liar, mulai dari permukiman hingga kebun. Kemudian dua bocah yang menjadi korban penyerangan monyet liar langsung dibawa ke rumah sakit.

BACA JUGA: Ditinggal Mudik, Maling Gasak Rumah di Lido Permai Bogor

Sahlani mengatakan, monyet liar tersebut diduga berasa dari kawasan Sungai Ciliwung. Monyet-monyet tersebut diduga tidak bisa lagi menemukan makanan di habitatnya, sehingga masuk ke permukiman warga.

“Di permukiman, monyet liar itu malah menyerang anak-anak. Alhamdulillah satu sudah berhasil dievakuasi,” ucap Sahlani.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Tesy Haryati mengatakan pihaknya baru bisa menangkap satu ekor monyet liar dari tiga ekor yang sempat menyerang warga, dan langsung dibius.

Menurut dia, monyet langsung bersembunyi di plafon rumah warga ketika petugas melakukan evakuasi. Tesy pun mengimbau warga untuk segera melapor ke petugas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok apabila kejadian serupa terulang.

“Sebab berbahaya dan butuh penanganan profesional untuk mengevakuasi monyet liar tersebut. Korban pun sudah dibawa ke klinik untuk mengantisipasi rabies,” pungkasnya. (Mg10)

BACA JUGA: KBB Perluas Produksi Susu Sapi di Wilayah Selatan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan