Israel Nyatakan Perang, Masyarakat Palestina di Jalur Gaza Dihimbau Segera Minggat

JABAR EKSPRES – Para pejabat Israel telah mengeluarkan peringatan keras kepada penduduk Jalur Gaza, mendesak mereka untuk mengevakuasi rumah-rumah mereka untuk mengantisipasi pengeboman udara berskala besar di wilayah yang terkepung tersebut.

Terlepas dari peringatan Israel tersebut, banyak penduduk Palestina telah mengindikasikan bahwa mereka tidak memiliki pilihan yang layak untuk pergi, karena Gaza telah mengalami blokade yang mencakup jalur darat, udara, dan laut selama 17 tahun terakhir.

Para kritikus telah menganggap peringatan tersebut tidak tulus, dan menyatakan bahwa kepedulian Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terhadap warga sipil tidak jujur.

Analis politik Omar Baddar mengatakan, “Peringatan itu ‘tidak ada artinya’, dan Netanyahu berusaha menipu orang agar percaya bahwa ia benar-benar peduli dengan kesejahteraan warga sipil.”

BACA JUGA: Israel Deklarasikan Perang Terhadap Hamas Usai Rentetan Roket Menerjang Wilayah Israel

“Netanyahu tahu bahwa ia akan melakukan pembantaian yang belum pernah terjadi sebelumnya di Gaza. Dia tahu bahwa warga sipil di Gaza tidak memiliki tempat untuk pergi karena Israel membuat mereka terperangkap dalam pengepungan,” kata Baddar di X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Pengumuman Netanyahu ini muncul setelah deklarasi perang terhadap Hamas. Israel akan menghentikan pasokan listrik, bahan bakar, dan barang-barang kebutuhan pokok ke daerah kantong yang diblokade tersebut.

Penghentian pasokan listrik dari Israel, yang menyumbang hampir seluruh daya listrik di wilayah tersebut, menyebabkan sebagian besar wilayah Gaza gelap gulita setelah pasokan terputus pada hari sebelumnya.

Tokoh terkemuka Palestina Mohammed El Kurd, yang terkenal dengan sikap lantangnya selama penumpasan Sheikh Jarrah oleh Israel, memberikan pandangannya mengenai peringatan yang membingungkan tersebut.

BACA JUGA: Pejabat Israel Ini Klaim Pemukim Ilegal Israel Lebih Penting Daripada Hak Warga Palestina

Dia menekankan situasi mengerikan yang dihadapi oleh warga Palestina, menegaskan bahwa mereka memiliki pilihan yang terbatas untuk keluar dari kungkungan yang dia gambarkan sebagai “penjara terbuka.”

“Netanyahu mengatakan kepada warga Palestina di Gaza untuk ‘pergi sekarang’, karena dia akan membombardir Jalur Gaza yang terkepung, seolah-olah mereka dapat melakukan apa saja untuk meninggalkan penjara terbuka itu, yaitu Gaza,” tulis El Kurd di X.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan