Motor Listrik Lebih Baik dari Motor Berbahan Bakar Bensin?

JABAR EKSPRES — Saat ini sedang ramai soal inovasi kendaraan bermotor di Indonesia, yaitu motor listrik.

Banyak yang beranggapan motor listrik lebih ramah lingkungan dan lebih menguntungkan jika membandingkannya dengan motor konvensional.

Namun, apakah benar motor listrik memiliki semua hal yang baik itu? Kamu bisa menemukan kelebihan dan kekurangannya di sini!

Oleh karena itu, jika ingin mengetahuinya kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Saat ini, makin banyak merek yang meramaikan pasar motor listrik di Indonesia. Salah satunya juga mungkin karena adanya subsidi dari pemerintah.

Subsidi tersebut diharapkan bisa mendorong lebih banyak masyarakat untuk memiliki kendaraan bermotor roda dua yang tidak memerlukan bahan bakar.

Pada 20 Maret 2023, pemerintah meluncurkan program subsidi motor listrik Rp7 juta pada tiap penerima untuk membeli unit baru motor listrik.

Syarat subsidinya hanya dikenakan produk motor listrik yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 40 persen.

Kabarnya, ada 13 produk motor listrik dengan 8 merek yang memenu persyaratan tersebut. Namun, kamu bisa melihat apa saja kekurangan dan kelebihan motor listrik sebelum memutuskan.

Di bawah ini kamu bisa menemukan beberapa keebihan dari motor listrik sebagai bahan pertimbanganmu.

Kelebihan motor listrik

  1. Yang pertama, motor listrik ini bisa mampu mengurangi emisi. Motor listrik tidak menghasilkan emisi gas karena sumber tenaga ini berasal dri listrik dari baterai.
  2. Kedua, motor listrik lebih irit secara ekonomi jika kamu bandingkan dengan motor konvensional yang menggunakan bahan bakar bensin. Jika membandingkan jarak tempuh dengan daya yang digunakan beserta harganya, pengeluaran untuk motor listrik ini lebih murah.
  1. Sementara itu, keuntungan ketiga adalah suara dari mesin motor listrik ini lebih halus karena tidak mengalami pembakaran.
  2. Tidak seperti motor berbahan bakar bensin, motor listrik tidak memerlukan banyak perawatan.

Motor konvensional harus kamu rawat dalam setiap kurun waktu tertentu agar mesin dan jalannya tetap nyaman.

Namun, jika menggunakan motor listrik, kamu hanya perlu memberi perawatan seperti mengganti kampas rem, minyak rem, dan juga ban.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan