Anjuran Islam saat Menghadapi Musim Kemarau yang Panjang

JABAR EKSPRES- Saat ini, banyak wilayah mengalami musim kemarau yang menyebabkan kekeringan air, kebakaran hutan, serta polusi udara yang buruk dan berbahaya. Di masa seperti ini, manusia merindukan turunnya hujan sebagai anugerah bagi kehidupan.

Menurut Ustadz Yusuf Abu Ubaidah As Sidawi, Allah telah menetapkan beberapa amalan yang lebih efektif dan kuat dalam membawa hujan  di musim kemarau daripada upaya-upaya menciptakan hujan buatan yang belum tentu berhasil, apalagi ritual-ritual yang tidak memiliki dasar dalam agama.

BACA JUGA : 10 Solusi Atasi Cinta Buta Dengan Terapi Islami, Dijamin Langsung Bisa Move On

Beberapa dari amalan tersebut termasuk:

1. Bertobat dan memohon ampunan kepada Allah adalah langkah awal untuk mengatasi musibah, karena musibah seringkali disebabkan oleh dosa manusia. Hal ini diilustrasikan dalam cerita yang diutarakan oleh Ibnu Subaih, di mana ia menyarankan seseorang untuk memperbanyak istighfar dalam berbagai situasi.

2. Doa dan Sholat Istisqo’ adalah bentuk munajat kepada Allah memohon turunnya hujan. Sholat istisqo disyariatkan dalam Islam berdasarkan tindakan Nabi dan para sahabat, dan merupakan pendapat mayoritas ulama dari berbagai mazhab.

3. Sedekah air, termasuk pembuatan sumur, adalah amalan penting di saat kemarau dan kekeringan. Nabi Muhammad ﷺ menyebutkan bahwa sedekah air adalah sedekah yang paling baik. Abdullah bin Mubarak juga memberi nasihat kepada seseorang yang mengalami masalah kesehatan dengan meminta agar dia menyumbangkan air di tempat yang sangat membutuhkannya. Hal ini berhasil menyembuhkan lelaki tersebut dari penyakitnya.

Semoga dengan melakukan amalan-amalan ini, Allah akan mengirimkan hujan yang memberkati bagi kaum muslimin. Amin.

BACA JUGA : 5 Hadiah dari Allah Jika Kamu Rajin Tahajud di Sepertiga Malam, Plus Bonus Dikabulin Semua Doa doamu

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan