Masuk Jenis Umbi-Umbian, Ketahui Kandungan Nutrisi Talas!

JABAR EKSPRES – Talas merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang sering digunakan sebagai bahan makanan dengan kandungan nutrisi di dalamnya.

Talas sendiri diketahui mengandung berbagai nutrisi, namun nutrisi yang dimiliki tersebut disesuaikan dengan jenis talas apa yang di gubakan.

Berikut ini beberapa kandungan utama yang ada pada salah satu jenis umbi-umbian ini, diantaranya:

  • Karbohidrat

Talas adalah sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat ini terutama dalam bentuk pati, yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia. 

BACA JUGA: Berikut Ini Beberapa Kandungan Penting Pada Singkong!

  • Serat

Talas memiliki kandungan serat makanan, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

  • Vitamin

Talas mengandung berbagai vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E. Vitamin-vitamin ini penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Mineral

Beberapa mineral yang dapat ditemukan dalam talas termasuk kalium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Kalium, misalnya, adalah mineral penting yang berperan dalam menjaga tekanan darah yang sehat. 

BACA JUGA: Menjadi Berbagai Jenis Olahan, Ketahui Kandungan & Manfaat Dari Melinjo!

  • Antioksidan

Talas juga memiliki kandungan antioksidan seperti beta-karoten dan flavonoid. Antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

  • Protein

Meskipun kandungan protein dalam talas tidak sebanyak sumber protein lainnya seperti daging atau kacang-kacangan, talas tetap menyediakan jumlah protein yang berguna.

  • Air

Seperti sebagian besar sayuran dan buah-buahan, talas mengandung sejumlah besar air, yang penting untuk menjaga hidrasi tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan