Perumda Pasar Klaim TPS di Pasar Kota Bandung Mulai Membaik

JABAR EKSPRES – Masalah pengolahan sampah di sejumlah pasar, khususnya tempat pembuangan sementara (TPS) di Kota Bandung, diklaim sudah kondusif. Hal ini diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar, Ricky Ferlino.

Menurutnya, kondisi timbulan sampah di TPS terus berkurang seiring proses load in loading yang terus dilakukan.

BACA JUGA: Diminta Tanggung Jawab, Perumda Pasar Beberkan Terjadinya Overload di TPS Pasar

“Jangan sampai sampah itu terus-terusan karena ada proses load in loading juga. Unloading,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

“Di mana sampah kalau terlalu banyak tanpa waktu buang yang benar, akan menyulitkan petugas. Sehingga kolaborasi dari Perumda Pasar melalui bidang kebersihan untuk fokus merapikan sampah pembuangan di TPS pasar,” sambung Ricky.

Selain mempercepat proses pengolahan sampah tersebut, dia menyebut, pihaknya tengah melakukan pembuatan komposter yang menggunakan pipa.

Perumda Pasar juga bakal mengerahkan serta berkoordinasi dengan para pedagang. Berkolaborasi, lanjutnya, guna mengurangi sampah sisa organik.

“Karena nantinya yang akan kemudian ditarik dinas DLH hanyalah residunya saja. Sehingga memang kami betul-betul melakukan kolaborasi aktif,” lanjut Ricky.

Percepatan, menurutnya segera dilaksanakan atas perintah Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono dan ketua tim asisten perekonomian.

“Perumda sendiri tidak mungkin bisa melakukan tanpa ada dukungan pedagang, karena mulai ada pembiasan pemilahan sampah dari hulu yaitu dari pedagang,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan