Pengerjaan U Ditch di Jalan Raya Cinere Depok Tak Perhatikan K3, Pekerja Berisiko Kecelakaan!

JABAR EKSPRES – Pengerjaan saluran jalan dan trotoar di Jalan Raya Cinere Kota Depok terus dilanjutkan. Bahkan pekerjaan yang dilaksanakan oleh CV Jaya Konstruksi Persada dilakukan siang dan malam.

Tapi sayangnya, pengerjaan u ditch dan trotoar diatasnya sepanjang 380 meter seolah tidak memperhatikan keselamatan kerja.

BACA JUGA: Wali Kota Depok Potong Kabel Udara Semrawut di Jalan Tole Iskandar

Berdasarkan pantauan, pekerja melakukan pekerjaan siang dan malam tepat di depan Mall Cinere. Tapi para pekerja seperti tidak memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), karena para pekerja tidak menggunakan peralatan keselamatan kerja seperti helm dan sepatu.

Padahal, berdasarkan UU No. 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja, bahwa tujuan K3 yang berkaitan dengan mesin, peralatan, landasan tempat kerja dan lingkungan tempat kerja adalah mencegah terjadinya kecelakaan dan sakit akibat kerja, memberikan perlindungan pada sumber-sumber produksi sehingga dapat meningkatkan efiensi dan produktivitas.

Hal tersebut tentu sangat penting mengingat apabila kesehatan pegawai buruk mengakibatkan turunnya capaia atau output serta demotivasi kerja.

Sementara, menurut pengawas dari CV Jaya Konstruksi Persada, Jamar Hutabarat pihaknya sedang mengerjakan u ditch dan trotoar diatasnya sepanjang 380 meter.

“Kami melakukan pembangunan u ditch, sepanjang 380 meter,” kata Jamar Hutabarat, Senin (2/10).

BACA JUGA: Drainase di Jalan Cinere Depok Diperbaiki, Lalu Lintas Menuju Jakarta Alami Kemacetan

Menurutnya proyek tersebut senilai Rp 2,7 miliar yang berasal dari APBD Kota Depok. Dia mengatakan pengerjaan dilakukan selama 90 hari kerja, mulai dari 4 September sampai 2 Desember 2023.

Sementara itu, berdasarkan pantauan dengan adanya pengerjaan u ditch di Jalan Raya Cinere lalu lintas menjadi macet, belum lagi, pengerjaan yang menggunakan alat berat sehingga menutupi setengah badan jalan Raya Cinere yang menuju ke Jakarta. (Mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan