Gelar Bakti Sosial, RSUI Gandeng PUN Fasilitasi Operasi Katarak dan Bibir Sumbing pada Puluhan Orang di Depok

JABAR EKSPRES – Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) bersama Yayasan Perempuan Untuk Negeri (PUN) telah menggelar kegiatan bakti sosial operasi katarak dan bibir sumbing.

Kegiatan tersebut ditandai dengan acara seremoni pemberian goodie bag kepada para peserta pada Sabtu, 30 September 2023 di Main Hall RSUI, Kampus UI, Depok.

BACA JUGA: KPU Depok Tetapkan Masa Kampanye Pemilu 2024 selama 75 Hari

Dari 114 calon peserta katarak yang mendaftar, sebanyak 51 peserta yang lolos skrining telah dilakukan tindakan operasi oleh tim dokter spesialis mata RSUI dan Perdami Jaya.

Sedangkan, untuk peserta bibir sumbing dan celah lelangit, sebanyak 8 peserta telah dilakukan tindakan operasi.

Kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian bersama RSUI, PUN, dan PERDAMI Jaya dalam rangka menjalankan tanggung jawab sosial untuk membantu menurunkan angka kasus katarak yang masih tergolong tinggi di Indonesia dan juga kasus bibir sumbing dan celah celah lelangit yang masih perlu mendapat perhatian.

Dalam sambutannya, Dirut RSUI, dr. Astuti Giantini mengaku masyarakat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan baksos telah berjalan lancar dan banyak masyarakat antusias mendaftar kegiatan baksos ini. RSUI berupaya memberikan layanan yang terbaik untuk para peserta mulai dari proses skrining, tindakan operasi hingga perawatan pasca operasi.

Terima kasih kami ucapakan kepada Yayasan PUN dan Perdami Jaya yang mendukung penuh kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik,” katanya.

Sementara Ketua Harian PUN, Sarita Thaib mengatakan bahwa acara baksos tersebut dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun PUN yang ke-14.

“Baksos kali ini bekerja sama dengan RSUI dan Perdami Jaya melakukan operasi katarak dan bibir sumbing. Semoga kegiatan baksos ini dapat memberikan banyak manfaat dan di hari ultahnya PUN memberikan banyak berkah untuk semua masyarakat yang membutuhkan,” tutur Sarita.

Sementara, Sekertaris Perdami Jakarta, dr. Astrianda Nadya Suryono menuturkan bahwa angka kebutaan di Indonesia tergolong tinggi.

“Menurut hasil survei Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) th 2016-2016 angka kebutaan kita yaitu 3 persen dari seluruh populasi, dan merupakan salah satu yang tertinggi khususnya di negara-negara di Asia Pasifik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan