5 Hewan yang Rentan Terhadap Rabies, Lakukan Pencegahannya dengan Cara Ini!

JABAR EKSPRES – Rabies, penyakit mematikan yang ditularkan melalui gigitan hewan yang terinfeksi, telah menjadi momok mengerikan bagi manusia dan hewan selama berabad-abad.

Meskipun vaksinasi modern telah mengurangi insiden rabies pada manusia, penyakit ini masih menjadi ancaman serius, terutama bagi hewan yang rentan terhadap virus rabies.

Apa Itu Rabies?

Rabies adalah penyakit virus yang menyerang sistem saraf pusat dan otak. Virus ini termasuk dalam keluarga Rhabdoviridae dan genus Lyssavirus.

Ketika seseorang atau hewan terinfeksi rabies, gejala pertama mungkin mirip dengan flu, seperti demam, sakit kepala, dan kelelahan.

BACA JUGA: HATI-HATI! Begini 6 Ciri Kucing yang Terinfeksi Rabies

Namun, penyakit ini berkembang dengan cepat menjadi fase yang lebih serius, dengan gejala seperti kejang, halusinasi, kesulitan menelan, dan bahkan agresi. Akhirnya, rabies mengakibatkan kematian, biasanya dalam waktu beberapa minggu setelah gejala pertama muncul.

Hewan yang Rentan Terhadap Rabies

Meskipun hampir semua mamalia dapat terinfeksi rabies, beberapa memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Berikut adalah beberapa hewan yang paling rentan terhadap penyakit ini:

  1. Anjing dan Kucing: Anjing liar dan kucing liar sering menjadi sumber penularan rabies kepada manusia. Oleh karena itu, program vaksinasi hewan peliharaan sangat penting untuk mencegah penyebaran virus.
  2. Rubah: Rubah adalah hewan pemangsa yang dapat menjadi vektor rabies. Mereka dapat terinfeksi dari hewan kecil seperti kelelawar atau hewan lainnya yang terkena virus.
  3. Kelelawar: Kelelawar adalah reservoir utama virus rabies di alam liar. Mereka sering terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala. Gigitan dari kelelawar yang terinfeksi adalah cara umum penularan rabies pada manusia.
  4. Racun dan Serigala: Hewan-hewan ini juga dapat menjadi reservoir dan vektor rabies. Mereka dapat terinfeksi melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi lainnya atau melalui gigitan dari hewan yang terinfeksi.
  5. Kijang dan Tnawon: Di beberapa daerah, kijang dan tnawon juga dapat menjadi reservoir rabies.

Pencegahan Rabies

Vaksinasi adalah cara utama untuk mencegah rabies pada hewan dan manusia.

BACA JUGA: Rabies Menulari Hewan Peliharaan! Benarkah Mereka Rentan Terinfeksi?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan