Titik Api di Sarimukti Masih Terlihat, Apa Upaya DLH Jabar?

JABAR EKSPRES – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat (DLH Jabar) menyebut hingga saat ini, titik api akibat kebakaran sejak 19 Agustus 2023 lalu, masih terlihat di tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kepala DLH Jabar Prima Mayaningtyas mengatakan, titik api yang masih terlihat yakni berada di zona 4 dan 5 TPAS Sarimukti dan upaya pemadaman masih tetap dilakukan.

“Jadi api masih ada, karena kalau dibilang sudah padam itu enggak, tapi tidak seperti kemarin. Jadi karena di dalam masih ada, sehingga masih menimbulkan titik-titik asap. Tapi tidak bahaya,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Jumat (29/9).

BACA JUGA: Sukseskan Ajang Piala Dunia U-17, Pemkab Bandung Siapkan 5000 tiket untuk Siswa SD dan SMP

Prima menambahkan, dalam upaya penangannya saat ini pihaknya dibantu oleh unsur TNI dan seluruh petugas Pemadam Kebakaran dari wilayah kabupaten kota di Bandung Raya.

“Dari mulai tanggal 25 kemarin (September) kita sudah keluarkan masa darurat lagi untuk penanganan masalah sampah di Bandung Raya sampai 25 Oktober (nanti). Selain itu, kita juga telah meminta bantuan lagi ke Kodam 3 Siliwangi untuk membantu bagaimana agar (Sarimukti) bisa menampung sampah lagi,” ucapnya

Prima meminta kepada seluruh kabupaten kota di Bandung raya untuk turut membantu proses penyelesaian TPAS Sarimukti dengan salah satunya yakni melakukan pemilahan sampah.

“Makanya dalam waktu satu bulan ini (di perpanjangan masa darurat sampah) kita minta di ujungnya atau hulunya (di Kabupaten kota Bandung Raya) untuk bagaimana mengurangi sampah sebelum di buang,” imbuhnya.

(San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan