Kenali Tanda-Tanda Kosmetik Berbahaya, Berikut 5 Ciri yang Perlu Kamu Wapadai

JABAR EKSPRES – Kecantikan dan perawatan kulit telah menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas banyak wanita. Kosmetik dan produk perawatan kulit menawarkan klaim khasiat yang menarik dan kemudahan dalam perolehannya, menjadikannya sangat diminati. Namun, di balik daya tarik ini, ada potensi kosmetik berbahaya yang berisiko yang perlu kita waspadai.

Agar tetap menjaga kulit dan kesehatan kita, penting untuk mengenali tanda-tanda kosmetik berbahaya yang telah ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Berikut adalah panduan untuk menghindari produk yang dapat membahayakan kulit dan kesehatan Anda:

  1. Periksa Izin Edar

Salah satu tanda kosmetik berbahaya adalah ketidakmampuannya untuk menunjukkan izin edar yang sah dari BPOM pada kemasannya. Izin edar adalah jaminan keamanan, manfaat, dan mutu produk tersebut. Oleh karena itu, pastikan produk yang Anda beli telah terdaftar secara resmi.

Baca juga : Rahasia Kecantikan Alami Dengan Produk Legendaris Mustika Ratu Yang Wajib Kamu Coba!!

  1. Konsistensi Produk

Konsistensi kosmetik sangat penting. Produk yang terlalu pekat dan terasa lengket mungkin mengandung bahan berbahaya atau tidak cocok untuk kulit Anda. Untuk menghindari masalah ini, coba produk di area kecil kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya secara menyeluruh.

  1. Bahan-Bahan Berbahaya

Cermati komposisi produk Anda. Kosmetik berbahaya dapat mengandung bahan-bahan seperti merkuri, hidrokinon, tretinoin, atau asam retinoat yang dilarang atau berpotensi berbahaya. Pastikan Anda membaca label dengan cermat.

  1. Aroma Logam

Bau logam pada kosmetik adalah tanda yang perlu di waspadai. Bau tersebut bisa mengindikasikan keberadaan merkuri dalam produk. Beberapa produsen nakal bahkan mencoba menyamarkan bau logam ini dengan pewangi tambahan.

  1. Perubahan Warna yang Mencurigakan

Kosmetik yang mengandung merkuri cenderung mengubah warnanya menjadi abu-abu gelap atau hijau gelap saat terpapar sinar matahari. Jika Anda melihat perubahan warna yang mencurigakan, segera hentikan penggunaannya.

  1. Hindari Kosmetik Palsu

Hati-hati dengan kosmetik palsu yang mungkin berbahaya. Produk semacam ini sering kali di produksi oleh pihak yang tidak berwenang atau meniru merek-merek kosmetik yang sah dengan izin edar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan