Pengguna iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max Mengalami Masalah dari Ponsel Terbaru Ini, Apa Itu?

JABAR EKSPRES – Setelah dilaporkan cacat produksi, kini ada masalah lain yang dikeluhkan beberapa pengguna iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, yakni overheat.

iPhone 15 Pro memang layak disebut ponsel canggih. Tapi hal itu gak membuatnya jadi ponsel yang sempurna, karena ada beberapa kekurangan yang dirasakan oleh para pembeli iPhone 15 Pro, salah satunya overheat.

Beberapa pengguna iPhone 15 Pro mengeluh di media sosial. Keluhan tersebut isinya kebanyakan terkait overheat atau panas berlebih yang memengaruhi kenyamanan dan kinerja iPhone 15 Pro.

Banyak yang berasumsi, kalau hal ini disebabkan oleh prosesor A17 Pro, chipset 3nm pertama di dunia yang turut dikenalkan Apple bersamaan peluncuran iPhone 15 Pro.

BACA JUGA: Update Harga iPhone 11 s/d 14 Pro Bulan September 2023, Makin Turun?

Namun, laporan terbaru dari analis kawakan Ming-Chi Kuo, masalah overheat ini tidak ada hubungannya dengan arsitektur 3nm TSMC pada A17 Pro. Prosesor ini memang dibangun atas node yang lebih canggih, sangat efisien juga pemakaian dayanya.

Tapi, chipset ini tampaknya masih ‘terlalu panas’ untuk dikendalikan oleh sistem termal baru yang diterapkan Apple pada duo iPhone 15 Pro. Dikutip dari Macworld, Apple menerapkan sistem termal baru pada iPhone 15 Pro untuk mencapai bobot yang lebih ringan.

Beberapa hal dilakukan Apple, termasuk pengurangan area pembuangan panas. Bisa dibilang berhasil, lantaran iPhone 15 Pro punya berat 187 gram atau lebih ringan 19 gram dari sebelumnya, demikian juga dengan iPhone 15 Pro Max.

Akan tetapi, seiring dengan konduktivitas panas titanium yang lebih tinggi, berdampak negatif pada efisiensi termal. Hal ini otomatis bikin ponsel mengalami overheat saat mendapatkan beban kerja yang berat.

Kalau ponsel overheat, gak cuma tangan pengguna saja yang dibikin gak nyaman, kinerja pun besar kemungkinan mengalami pelambatan. Untuk mengatasi masalah ini, Apple diharapkan segera menyebar pembaruan software.

BACA JUGA: Mengenal Realme GT 5, Ponsel Canggih asal China yang Bisa Bikin iPhone Ketar Ketir

Update OS ini dapat mengatasi overheat dengan menurunkan atau membatasi kinerja A17 Pro. Namun harus diingat, karena ini adalah masalah hardware, maka solusi tersebut tidak sepenuhnya memperbaiki masalah overheat di iPhone 15 Pro.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan