Pengguna iPhone 15 Laporkan Alami HP Overheat hingga 46,7 Derjat Celsius

JABAR EKSPRES- Sejumlah pengguna telah melaporkan bahwa iPhone 15 mengalami peningkatan suhu hingga mencapai 46,7 derajat Celcius saat digunakan, bahkan selama 24 jam pertama penggunaannya dan saat dilakukan pengisian daya.

Laporan ini, yang diterbitkan melalui 9To5Mac pada tanggal 26 September, menyatakan bahwa masalah ini tampaknya terjadi pada semua model iPhone 15. Beberapa pengguna juga mengalami kendala saat melakukan pengisian daya dengan menggunakan kabel.

Salah satu pengguna iPhone 15, Ian Zelbo, mengungkapkan, “Saat ini, iPhone 15 Pro Max saya terlalu panas untuk disentuh saat melakukan pengisian daya cepat. Awalnya saya pikir mungkin ada yang melebih-lebihkan, tetapi ternyata masalah ini nyata.” Ia juga mengamati bahwa bagian kiri dan sebagian kecil bagian belakang sebelah kiri iPhone 15 menjadi sangat panas selama proses pengisian daya. Suhu ponsel baru mulai turun secara signifikan setelah persentase baterai mencapai 70 persen, meskipun masih terasa hangat saat digenggam. Masalah ini paling mencolok pada rentang persentase baterai antara 25 hingga 60 persen.

Selain masalah pengisian daya, ada juga laporan tentang iPhone 15 yang mengalami peningkatan suhu bahkan saat tidak sedang diisi daya. Pengguna melaporkan bahwa ponsel menjadi panas saat melakukan tugas-tugas ringan seperti menjelajahi media sosial.

Perlu dicatat bahwa biasanya iPhone dapat mengalami peningkatan suhu selama 24 jam pertama setelah pengaturan awal ponsel. Hal ini terjadi terutama ketika pengguna mengimpor pengaturan dari ponsel sebelumnya atau cadangan iCloud, karena banyak proses yang berjalan di latar belakang seperti instalasi ulang aplikasi dan pengindeksan ulang. Namun, keluhan dari pengguna iPhone 15 mengindikasikan bahwa masalah ini berlanjut bahkan setelah periode pengaturan awal selesai.

Baca juga: 7 Laptop Asus Terbaik di Tahun 2023 untuk Game, Kantoran, Dll

Baca juga: Makin Canggih, Veronika Telkomsel Terintegrasi Microsoft Azure OpenAI Service

YouTuber Korea BullsLab melakukan pengujian dengan menggunakan kamera Forward-Looking InfraRed (FLIR) atau kamera pencitraan termal. Kamera ini memberikan visualisasi suhu yang terdeteksi, dan hasil pengujian menunjukkan bahwa iPhone 15 mencapai suhu 46,7 derajat Celcius, meskipun pengujian ini dilakukan setelah penggunaan yang intensif seperti bermain game. Namun, banyak pengguna melaporkan masalah peningkatan suhu bahkan saat mereka tidak menggunakan iPhone 15 untuk tugas berat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan