Terjadi Tiga Kebakaran dalam Satu Hari di Sukabumi

JABAR EKSPRES- Pada Selasa (26/9/2023), terdapat laporan tiga insiden kebakaran lahan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kebakaran tersebut terjadi di kecamatan yang berbeda.

Salah satunya terjadi di Kampung Cirempak RT 06/RW 02, Desa Cibitung, Kecamatan Sagaranten. Jenal Mutakin, petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Sagaranten, menginformasikan bahwa kejadian terjadi sekitar pukul 14.30 WIB.

Api membakar alang-alang dan pohon bambu dengan luas area yang terbakar sekitar satu hektare. Petugas pemadam kebakaran, dibantu oleh warga sekitar, berhasil memadamkan api sekitar pukul 15.00 WIB.

Lokasi kejadian kebakaran Sukabumi terbilang jauh dari permukiman warga, dan untungnya tidak ada korban jiwa atau luka akibat kejadian tersebut. Penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan.

BACA JUGA : Pecah Ban Belakang, Sebuah Mobil Box Terguling di Tol Cisumdawu

Kasus kebakaran lain dilaporkan terjadi di Kampung Cibeas, RT 01, RW 04, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, sekitar pukul 16.10 WIB. P2BK Simpenan, Dandi Sulaeman, menyebutkan bahwa lahan seluas satu hektare, berupa jenis alang-alang di tanah yang dikelola oleh warga, terbakar.

Berdasarkan keterangan saksi, api pertama kali terlihat sekitar pukul 16.10 WIB. Api berhasil dipadamkan oleh petugas damkar.

Selain dua kejadian tersebut, laporan juga mencatat kebakaran lahan di Kampung Legoknyenang RT 01/RW 10, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 12.30 WIB.

Kobaran api terlihat dekat dengan perumahan, berjarak sekitar 150 meter. Ade Suparman, P2BK Gunungguruh, mengatakan bahwa api sulit dipadamkan karena medannya tidak dapat dijangkau oleh mobil damkar.

BACA JUGA : Menyusutnya Air Waduk Jatigede Sumedang Dimanfaatkan Warga Berburu Tutut

Upaya pemadaman dilakukan dengan sumber daya yang ada. Api sempat merembet ke arah dekat sekolah, namun berhasil dipadamkan lebih mudah dengan bantuan mobil damkar.

Kebakaran lahan akhirnya berhasil dipadamkan sepenuhnya sekitar pukul 16.30 WIB, dengan luas area yang terbakar sekitar 5 hektare. Tidak ada laporan korban jiwa atau luka akibat insiden ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan