Ketahui Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Kemungkinan Infeksi Hingga Kerusakan Kornea!

JABAR EKSPRES – Terlalu sering mengucek mata dapat menyebabkan sejumlah bahaya dan komplikasi yang berdampak buruk bagi kesehatan mata kamu.

Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya hindari menggesek bagian area mata sebisa mungkin, terutama jika tangan kamu tidak dalam keadaan yang bersih.

Jika kamu mengalami masalah mata yang berkepanjangan atau berat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata atau profesional kesehatan mata untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Berikut ini terdapat beberapa bahaya yang dapat terjadi akibat menggesek area mata:

Bahaya Mengucek Mata

  • Infeksi

Mengucek mata dengan tangan yang kotor atau tidak mencuci tangan terlebih dahulu dapat memindahkan kuman dan bakteri dari tangan ke mata, meningkatkan risiko infeksi, seperti konjungtivitis (mata merah atau pink eye).

BACA JUGA: Kebiasaan Merusak Mata yang Mungkin Dilakukan Sehari-Hari!

  • Kerusakan kornea

Mata kita memiliki lapisan tipis yang melindungi permukaan, disebut kornea. Mengucek mata dengan keras atau menggunakan benda tajam dapat merusak kornea dan menyebabkan luka atau goresan.

  • Peradangan

Mengucek mata secara berlebihan atau dengan keras dapat berbahaya hingga menyebabkan peradangan pada mata, yang dapat mengakibatkan mata merah, iritasi, dan gejala lainnya.

  • Pembengkakan kelopak mata

Mengucek mata secara kasar dapat menyebabkan kelopak mata membengkak, yang dapat membuat mata terlihat tidak normal dan tidak nyaman.

BACA JUGA: 11 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Ketahui Hal Penting Ini!

  • Kegagalan pengobatan

Mengucek mata juga dapat menghapus obat atau tetes mata yang telah kamu gunakan untuk mengobati masalah mata, seperti alergi mata atau sindrom mata kering, sehingga mengurangi efektivitas pengobatan.

  • Kerusakan lensa kontak

Jika kamu menggunakan lensa kontak,lalu mengucek mata dengan keras atau tanpa cuci tangan maka hal tersebut dapat berdampak bahaya merusak atau bahkan mencabut lensa kontak.

  • Pemindahan alergen

Jika kamu alergi terhadap sesuatu seperti debu atau bulu hewan peliharaan, mengucek mata dapat memindahkan alergen dari tangan ke mata, memicu reaksi alergi.

  • Kebiasaan buruk

Mengucek mata bisa menjadi kebiasaan buruk yang sulit dihentikan dan dapat berdampak buruk pada kesehatan mata dalam jangka panjang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan