Kaesang Pangarep Resmi Bergabung dengan PSI, Ini Profilnya!

JABAR EKSPRES – Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, telah secara resmi menjadi bagian dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada hari Sabtu yang lalu. Upacara penggabungan tersebut berlangsung di kediaman Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah, dan disaksikan oleh sejumlah petinggi PSI.

Sebelumnya, Kaesang telah meminta restu kepada ayahnya dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, yang menjabat sebagai Wali Kota Solo. “Minta restu pasti. Tapi yang namanya beliau itu pasti kan sibuk banget kan. Mentok dapat lima menit,” ujar Kaesang mengenai pertemuan dengan ayahnya.

Minat politik Kaesang telah terungkap sejak awal tahun ini, ketika Gibran mengungkapkan ketertarikan adiknya tersebut. Menurut Gibran, Kaesang secara terbuka menyampaikan minatnya di politik saat berkumpul bersama keluarga di Surakarta.

Baca Juga: Tips Jitu Belajar Agar Lolos CPNS 2023, Coba Sekarang Juga!

Pada awalnya, beberapa partai politik menyambut positif minat politik Kaesang dan bahkan membuka pintu bagi kemungkinan bergabung, termasuk dari partai yang menjadi tempat berpolitik bagi dua anggota keluarganya, PDI Perjuangan.

Kaesang juga telah mendapat dukungan sebagai calon Wali Kota Depok dari Relawan Ganjar Pranowo Center (GP Center). PSI juga telah memasang baliho besar dengan gambar Kaesang di kawasan Margonda, Depok, dan mengusungnya sebagai calon di Pilkada Kota Depok 2024.

Namun, pada awal September, Sekretaris Dewan Pembina PSI, Raja Juli Antoni, mengumumkan bahwa Kaesang tidak akan maju di pemilihan wali kota Depok. Alasan di balik keputusan ini belum dijelaskan secara rinci.

Kabar tentang keterlibatan Kaesang di dunia politik semakin menguat ketika PSI mengunggah video seorang individu yang mirip dengan Kaesang, yang menyatakan kesiapannya untuk terlibat dalam politik. Dalam video tersebut, orang tersebut dinamakan Mawar, meskipun disebutkan bahwa itu bukan nama sebenarnya.

Baca Juga: Alur Pendaftaran CPNS & PPPK Tenaga Teknis POLRI 2023!

Dua hari setelahnya, Kaesang resmi bergabung dengan PSI, dan Ketua Umum PSI, Giring Ganesha, secara simbolis memberikan Kartu Tanda Anggota (KTA) PSI kepada Kaesang di depan kediaman Presiden Joko Widodo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan