Jokowi dan Pangeran MbS Akan Berkumpul di Saudi pada Bulan Oktober Mendatang

JABAR EKSPRES – Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), dijadwalkan akan mengunjungi Arab Saudi pada bulan Oktober mendatang untuk bertemu dengan Perdana Menteri dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS). Kabar ini disampaikan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah Amodi, dalam sebuah pidato di acara Peringatan Nasional Arab Saudi ke-93 yang digelar di Hotel Raffles, Jakarta, pada Senin malam.

Faisal Abdullah Amodi mengungkapkan antusiasme pemerintah Saudi terhadap kunjungan Presiden Jokowi, mengatakan, “Kami di Arab Saudi menyambut kunjungan dari Yang Mulia Presiden Indonesia Joko Widodo pada Oktober mendatang tahun ini.” Harapannya, kunjungan ini akan memperkuat hubungan antara kedua negara dalam berbagai bidang strategis.

Baca Juga: Hari Imigran dan Pengungsi Sedunia, Tantangan Solidaritas Global

“Sekaligus diharapkan dapat mencapai aspirasi bersama yang bermanfaat bagi persaudaraan antara bangsa Arab Saudi dan Indonesia,” tambah Faisal.

Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, juga ikut mengkonfirmasi rencana kunjungan Presiden Jokowi. Menurutnya, Presiden Indonesia akan menjalani pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri dan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman.

“Presiden Indonesia dijadwalkan melakukan kunjungan ke kerajaan Saudi dan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman,” kata Yaqut dalam pidatonya di acara tersebut.

Baca Juga: Upaya Menjalin Kedekatan, Israel Ucapkan Selamat Hari Nasional kepada Arab Saudi

Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk memperkuat kerja sama strategis antara Arab Saudi dan Indonesia. Yaqut juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Saudi atas kuota haji sebanyak 221 ribu jemaah pada tahun 2023. Namun, ia berharap Saudi akan mempertimbangkan peningkatan jumlah kuota haji pada musim haji tahun depan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan