Vira dari SMAN 7 Cirebon Pecahkan Rekor Lari 1.000 Meter Energen Champion SAC Indonesia

JABAR EKSPRES – Kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air, Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers (Kualifikasi Jawa Barat) telah mencapai puncaknya, Minggu (24 September 2023). Berlangsung di Stadion Arcamanik Bandung selama tiga hari.  Sebanyak 5.611 pelajar dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/sederajat mewakili 417 sekolah  se-Jawa Barat telah bersaing demi memperebutkan gelar juara di lima main event. Mulai dari sprintmiddle distancerelaysshot put, long jump dan Kids’ Athletics.

Dari ribuan pelajar yang telah berkompetisi tersebut, hanya terpilih 48 pelajar terbaik tingkat SMA/sederajat dari Jawa Barat yang mendapat tiket bersaing pada babak National Championship. Babak nasional rencananya diselenggarakan di Solo, pada Januari 2024. Mereka akan bersaing memperebutkan gelar nasional dengan para champion dari wilayah lainnya, yakni Sumatera Qualifiers, DKI Jakarta & Banten Qualifiers, Bali & Nusa Tenggara Qualifiers, East Java Qualifiers, serta Central Java Qualifiers.

BACA JUGA: Delegasi SMPN 3 Bogor Terbaik di Babak Final Middle Distance 800 Meter Putri

Selama tiga hari lomba yang berlangsung sejak Jumat (22/9) ini, Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers berhasil mencatatkan pemecahan rekor nasional baru. Tepatnya dari nomor lari 1.000 meter putri tingkat SMA/sederajat. Adalah Vira Chazinatuss’AB berhasil mencuri perhatian. Siswa SMAN 7 Cirebon tersebut kembali naik podium juara di nomor lari 1.000 meter putri Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Pada babak final yang diselenggarakan Minggu, 24 September 2023, Vira finis pertama dan melakukan pecah rekor lari 1.000 meter putri.

Vira mencatatkan waktu 3 menit 23,72 detik. Waktu ini lebih tajam dari milik pemegang rekor sebelumnya, Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan, Central Java Qualifiers. Dalam babak final National Championship, Aziyyati mencatatkan perolehan 3 menit 24,49 detik. Tentunya ini menjadi sejarah baru bagi Jawa Barat di kompetisi atletik pelajar terbesar. Hasil lengkap lomba tingkat SD dan SMP dapat diakses melalui website resmi www.sacindonesia.com.

Meskipun telah pecah rekor dan meraih juara, Vira mengaku bahwa persaingan tahun ini lebih ketat daripada perlombaan West Java Qualifiers sebelumnya. Pasalnya, tahun ini banyak peserta baru yang memiliki target besar. “Tahun kemarin tuh, 3 menit 43 detik sudah bisa berangkat. Nah tahun ini lebih tajam,” kata Vira.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan