Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia Jika Ditempatkan di Dalam Ruangan!

JABAR EKSPRES – Ada banyak sekali penelitian tentang manfaat tumbuhan, salah satunya manfaat kesehatan ketika di simpan di dalam ruangan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Technology, Sydney (UTS) dan Ambius sebuah perusahaan Australia, terdapat manfaat tumbuhan yang luar biasa yaitu bisa membersihkan udara yang dihasilkan dari pembangkit listrik.

Studi ini menggarisbawahi manfaat tumbuhan dalam ruangan untuk menghilangkan 98 persen senyawa organik alkana dan 86 persen senyawa benzena penyebab kanker.

Penelitian menunjukkan waktu yang dihabiskan di luar ruangan di ruang hijau dapat mengurangi kelelahan mental, meningkatkan relaksasi, dan bahkan meningkatkan kognisi kita. Kemudian penelitian telah menunjukkan bahwa paparan singkat terhadap alam, seperti menyentuh dedaunan asli, dapat menimbulkan efek menenangkan yang tidak disadari.

Manfaat Tumbuhan yang Luar Biasa

1. Memperkenalkan

Alam selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita, memberi kita sumber daya yang tak terhitung jumlahnya yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan.

Tumbuhan merupakan anugerah alam namun seringkali luput dari perhatian. Selain daya tarik estetika, tanaman memberikan banyak manfaat luar biasa yang berdampak besar pada kesehatan fisik dan psikologis kita.

Dalam postingan blog ini, kita akan mempelajari dunia tumbuhan yang menawan dan mengeksplorasi berbagai manfaatnya, mulai dari meningkatkan kualitas udara hingga meningkatkan kesehatan mental.

2. Meningkatkan kualitas udara

Tumbuhan adalah pembersih udara alam. Melalui fotosintesis, mereka mengubah karbon dioksida yang kita hembuskan menjadi oksigen yang diperlukan untuk kehidupan.

Selain itu, tanaman menyerap polutan berbahaya dari udara, termasuk senyawa organik yang mudah menguap (VOC), seperti benzena dan formaldehida.

Dengan memasukkan tanaman ke dalam rumah dan tempat kerja kita, kita dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan secara signifikan, mengurangi risiko penyakit pernapasan, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Mengurangi stres

Stres ada dimana-mana dalam kehidupan modern dan berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental. Tetapi dengan hadirnya tumbuhan bisa mengurangi tingkat stres serta membuat meningkatkan rileksasi.

Penelitian menunjukkan bahwa berinteraksi dengan alam, seperti merawat tanaman atau sekadar berada di dekat tanaman, dapat menurunkan kadar kortisol (hormon stres) dan menurunkan tekanan darah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan