Kebakaran Alun-alun Surya Kencana Diduga Ada Faktor Kesengajaan

JABAR EKSPRES – Penyebab kebakaran Alun-alun Surya Kencana Gunung Gede Pangrango pada Senin, 18 September 2023, kini menemukan titik terang. Soal siapa dalang dibalik terjadinya peristiwa itu.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Sapto Aji Prabowo, membeberkan soal adanya dugaan kesengajaan alun-alun Surya kencana yang dibakar.

BACA JUGA: Proyek Nimo Land Belum Ada Izin Tapi Sudah Cut and fill, Dewan Pasti Akan Panggil Perusahaan

“Update dari penyelidikan kejadian kebakaran di Alun Alun Surya Kencana, dari CCTV yg kami analisis, ada dugaan unsur kesengajaan di bakar,” ujarnya saat mengkonfirmasi pada awak media melalui grup WhatsApp pada Senin, 25 September 2023, sekira pukul 09.21 WIB.

Kemudian ia menuturkan bahwa dalam video yang dianalisis oleh pihaknya, ada sosok berbaju putih di lokasi awal titik api, baik sebelum asap muncul maupun setelah munculnya kepulan asap tersebut.

“Orang yang diduga membakar itu berjalan dari arah gunung putri, ke arah gunung gemuruh. Namun, karena posisi kamera perekaman saat kejadian sedang zoom out full, tidak bisa jelas untuk mengidentifikasi orang tersebut,” paparnya.

BACA JUGA: Tiupan Angin Memperparah Kebakaran di Gunung Kacapi Sumedang!

“Digital zoom juga pecah. Kondisi ini cukup mempersulit penyidik kami untuk mengidentifikasi terduga pelaku,” tutupnya.

Dari beberapa informasi yang dihimpun, peristiwa kebakaran Alun-alun Surya Kencana tersebut telah membakar lahan seluas 2,95 Hektar yang didominasi oleh padang rumput 89 persen, Edelweis 9 persen, dan Cantigi 2 persen. (Mg9).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan