UMKM Untung Besar Capai Rp1,75 Miliar, Event West Java Festival Sukses Digelar

JABAR EKSPRES – Antusias masyarakat Jawa Barat menghadiri event West Java Festival (WJF) 2023 di Gedung Sate, Gasibu, dan Stadion Siliwangi, pada Sabtu-Minggu (2-3/9/2023), sangat tinggi. Hal itu membuat perekonomian menggeliat dengan perputaran uang selama dua hari tersebut mencapai miliaran rupiah.

Rangkaian event West Java Festival 2023 dimulai pada Sabtu (2/9/2023) dengan menghadirkan collaboration space, bazar UMKM, hingga pasar rakyat yang digelar di kawasan Gasibu dan area Gedung Sate. Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Sate tetap berlangsung hingga hari kedua, Minggu (3/9/2023).

Baca Juga: Gaduh Bima Arya Pecat Kepsek SD Negeri Cibereum 1 Kota Bogor, Kuasa Hukum Kepsek Bongkar Fakta Sebenarnya!

Pada hari kedua, Minggu (3/9/2023), kegiatan bertambah semarak dan meriah dengan adanya karnaval budaya dari kabupaten/kota serta ditutup dengan konser musik yang dimeriahkan sejumlah musisi ternama nusantara juga musisi lokal yang tergabung dalam Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GASS) di Stadion Siliwangi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar yang juga merupakan sekretaris umum WJF 2023 mengatakan, antusias masyarakat yang melihat event West Java Festival 2023 sangat terasa. Hal ini dibuktikan dengan rekap transaksi penjualan semua tenant selama dua hari yang mencapai miliaran rupiah.

“Total transaksi selama WJF bagi para pelaku usaha UMKM yang terlibat selama 2 hari, baik di Gedung Sate maupun Stadion Siliwangi, sangat besar. Ini membuktikan antusias masyarakat sangat tinggi,” kata Benny.

Berdasarkan catatan, dari hasil rekap transaksi tenant selama event WJF 2023 berlangsung, total transaksi penjualan mencapai Rp1.754.342.352. Jumlah tersebut didapat dari 20 kategori tenant yang terlibat di Gedung Sate dan Stadion Siliwangi. Namun, angka itu belum termasuk pendapatan dari okupansi hotel.

Dari data rekapan yang diterima, transaksi penjualan pada area Hakornas di Gasibu yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar menjadi yang terbanyak yakni mencapai Rp533.753.936. Event tersebut diisi dengan konser musik dan diikuti ratusan tenant para pelaku UMKM Jawa Barat.

Tenant usaha dan UMKM yang ada di sekitar Stadion Siliwangi pun turut ketiban untung besar. Total transaksinya mencapai Rp368.869.241. Jumlah ini menjadi transaksi terbanyak kedua selama WJF 2023 berlangsung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan