Kapten Voli SMPN 2 Sariwangi Raih Juara Tolak Peluru di West Java Qualifiers

JABAR EKSPRES – Namanya Rahma Nur Pitriani. Sang juara tolak peluru putri dari SMPN 2 Sariwangi. Rahma berhasil mengukir prestasi tersebut dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, Jumat 22 September 2023 di Stadion Arcamanik, Bandung. Rahma tampil perkasa di tolak peluru dengan perolehan 8,43 meter.

Rahma sebenaranya tak mendalami nomor ini. Ia menggeluti olahraga voli. Bahkan, memiliki peran sebagai kapten tim voli sekolahnya. Namun, Rahma melihat bahwa ada peluang untuk mengembangkan bakatnya dalam cabor atletik. “Sebenarnya ini juga bukan yang pertama kompetisi atletik. Dari SD beberapa kali ikut lempar turbo,” katanya.

Baca Juga: Menjemput Juara, Ini 8 Finalis Perlombaan 80 Meter Putri West Java Qualifiers 20

Perolehan Rahma selisih 1,34 meter dari rekor SAC di nomor tolak peluru putri. Rekor tolak peluru SAC masih dipegang oleh Naza dari SMPN 24 Gresik dengan catatan 9,77 meter.

Sementara itu, di posisi 2nd Place tolak peluru putri ada Ira Ramadani. Siswi SMPN 7 Kota Sukabumi itu sukses mencatatkan tolakan sejauh 8,06 meter. Lain cerita dengan Rahma, Ira sebenaranya mendalami sprint. Untuk menghadapi Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers, ia bahkan serius melakukan latihan beban.

“Saya berminat mengikuti SAC setelah melihat di Instagram, apalagi kami di Sukabumi mendengar cerita Kak Yogi dari SMAN 1 Surade yang sampai ke Australia,” tutur Ira.

Sedangkan di posisi 3rd Place ada Siti Haidaroh dari SMPN 46 Bandung. Siti berhasil catatan lemparan 7,92 meter. Terbaik di antara tiga percobaannya.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan