Fantastis! FIFA Hibahkan Rp85,6 Miliar untuk Pembangunan NTC di IKN, Erick Thohir Beberkan Mimpi Sepak Bola Indonesia

JABAR EKSPRES – Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir dan beberapa Menteri lainnya turut melakukan kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Ia juga membeberkan soal rencana pembangunan national training center (NTC) yang dinilai akan berpengaruh pada masa depan sepak bola Indonesia.

Disebut-sebut bahwa pembangunan IKN juga akan berdampak pada masa depan sepak bola Indonesia, jika dibangun fasilitas yang menunjang. Erick Thohir juga buka-bukaan terkait pembangunan national training center (NTC) di IKN.

BACA JUGA: Pembangunan IKN Berpengaruh pada Masa Depan Sepak Bola Indonesia? Begini Kata Erick Thohir

Tidak hanya itu, secara gambling Erick Thohir menyampaikan bahwa FIFA telah memberikan bantuan senilai Rp85,6 miliar untuk pembangunan fase pertama berupa dua lapangan, tempat penginapan untuk para pemain dan pelatih, juga ruang ganti.

“Ini pertama kali FIFA memberikan hibah sebesar ini ke sebuah negara,” kata Erick Thohir saat menyampaikan sambutan groundbreaking NTC di IKN, dikutip JabarEkspres.com dari Antara News pada Jumat, 22 September 2023.

BACA JUGA: Kunjungi IKN, Jokowi Pastikan Pembangunan Istana Presiden Sesuai Target Pemerintah

Erick Thohir menambahkan, pembangunan training center seluas 34,5 hektare ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait infrastruktur pendukung dan dan pembebasan lahan senilai Rp90 miliar melalui APBN.

Untuk fase dua, lanjut Erick, akan ada pembangunan delapan lapangan, dengan rincian lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, satu lapangan beach football, dan fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang hingga sport science.

“Ini saya rasa simbol bahwa dunia internasional, FIFA, percaya bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara ini benar-benar nyata dan ini adalah hal yang tentu positif,” tambahnya.

Erick Thohir mengatakan pembangunan training center yang rencananya dilakukan dalam waktu delapan bulan akan dipercepat menjadi enam bulan. Erick menyampaikan percepatan target pembangunan tersebut telah mendapat persetujuan dari Jokowi.

“Mohon bila bapak (Presiden) berkenan memberikan arahan dan sekaligus melakukan groundbreaking dimulainya pembangunan training center ini,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan