BIJB Beroperasi Optimal, Pemkot Cirebon Bersiap

JABAR EKSPRES — Akan beroperasi optimal, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka jadi kunci menarik kunjungan wisatawan di Kota Cirebon.

Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon bersiap wacana pengoperasian penuh komersil BIJB di akhir bulan Oktober 2023. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi menjelaskan pelayanan penerbangan komersil ini, berpotensi mendongkrak kunjungan wisata di Kota Cirebon.

BACA JUGA: Dasuki Sujud Syukur, Tabungannya di BPR KRI Dijamin LPS

Terlebih sekarang akses transportasi menuju kawasan tesebut semakin mudah dijangkau.

“Pasti akan mendongkrak, cuma kita salah satunya tadi selain memajukan wisata untuk Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) salah satu yang perlu didiskusikan tadi supaya orang tertarik untuk bisa datang ke Cirebon. Apalagi sarana aksesnya sudah ada dari jalan tol dan Kertajati,” ujar Agus, Jumat 22 September 2023.

Masih dikatakannya, seluruh stakeholder di Ciayumajakuning perlu menyiapkan paket wisata terpadu.

Sehingga wisatawan memiliki banyak opsi, saat berkunjung ke beberapa destinasi yang ada di wilayah tersebut.

Jangan sampai, lanjutnya, ketika pengunjung itu turun dari Bandara Kertajati tetapi tidak menginjakan kaki untuk berwisata di Cirebon dan sekitarnya.

“Mereka mendarat terus langsung pergi ke Bandung, padahal lebih dekat ke Cirebon. Dari yang Kuala Lumpur itu, shuttle yang dijual ke arah Bandung. Harusnya kita bisa menawarkan,” ucapnya.

Menurutnya, Pemkot Cirebon sudah mengambil langkah awal guna mengenalkan keunggulan di bidang wisata kuliner, sejarah dan religi.

BACA JUGA: Masa Darurat Sampah Diperpanjang, Ini Penjelasan Pj Wali Kota Bandung

Namun, akan lebih baik jika pemangku kepentingan berkolaborasi supaya wisatawan melirik destinasi Ciayumajakuning.

“Kita sudah dengan instansi terkait, kira-kira satu informasi itu bisa diinformasikan ke daerah asal. Supaya Cirebon dan daerah sekitar punya potensi, oh saya turun ke Kertajati dan ke Cirebon,” jelas dia.

Di samping itu, Agus menyebutkan, kunjungan wisata di Kota Cirebon saat ini sudah melampaui target, yang ditetapkan dengan angka lebih dari 2 juta kunjungan sejak awal tahun 2023.

Dengan beroperasinya Bandara Kertajati, dia memprediksi jumlah itu akan terus meningkat. (Mg7)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan