Uji Coba Kereta Cepat Disambut Antusias, Ini Fasilitas Stasiun dan Dalam Gerbong

JABAREKSPRES.COM, BANDUNG – Uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) disambut antusias masyarakat. Seperti Kamis (21/9), sejumlah masyarakat tampak memadati Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Stasiun yang berada di selatan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) itu juga dilengkapi sejumlah fasilitas layanan penumpang yang terkini. Di gerbang keberangkatan bangunan yang masih baru itu telah dilengkapi eskalator yang dapat memudahkan masyarakat.

Lalu di tempat pemeriksaan tiket juga telah tersedia x-ray layaknya di bandara. Kemudian, ruang tunggu penumpang di stasiun itu juga cukup luas. Lokasinya ada di lantai dua.

Tempat duduknya nyaman, termasuk dilengkapi toilet dan musala yang bersih. Ketika sudah jadwalnya, masyarakat dari ruang tunggu dapat langsung bergeser ke peron untuk kemudian naik ke gerbong kereta.

Fasilitas di dalam kereta juga tak kalah keren. Di gerbong 7 misalnya, terdapat kursi yang nyaman dengan formasi 3 – 2. Tiga di kanan dan dua di kiri.

Kursinya empuk dan ketegakannya dapat diatur sesuai keinginan. Di setiap kursi juga telah dilengkapi meja yang posisinya menempel di kursi depan. Kemudian, jarak antar kursi juga cukup lebar. Sehingga dapat duduk dengan nyaman.

Bagasi yang ada di atas tempat duduk juga cukup lebar. Di gerbong itu juga dilengkapi palu pemukul kaca yang ada di empat sudut gerbong. Ditambah, pintu dalam gerbong itu menggunakan teknologi sensor, sehingga tidak berisik saat buka tutup pintu.

Perjalanan dari Bandung-Jakarta juga ditempuh cukup singkat. Tepat 43 menit KCJB tiba di Stasiun Halim.

Saat perjalanan, kecepatan kereta bisa tembus 342 kilometer per jam. Perjalanan juga terasa nyaman. Karena meski cepat tapi nyaris tidak terasa getarannya. “Senang ikut uji coba, saya daftar mandiri sejak Hari Minggu (17/9) lalu,” kata Alka, warga Kota Bandung yang ikut uji coba.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan