Masihkah Ada Peluang Menjadi Golongan Orang yang Masuk Surga Tanpa Hisab

JABAR EKSPRES – Umat Nabi Muhammad dijanjikan ada 70.000 orang yang akan masuk surga tanpa hisab dan adzab. Hal tersebut terdapat dalam sebuah hadist yang cukup terkenal.

Namun permasalahannya, jumlah sahabat nabi saja sudah lebih dari 100.000 orang lebih, lalu masih adakah kesempatan bagi Umat Nabi Muhammad yang hidup di era modern ini yang bisa menjadi golongan masuk surga tanpa hisab dan adzab?.

Untuk mengetahuinya, kita bisa melihat dari berbagai hadist yang menjelaskan hal ini, diantaranya haidts yang diriwayatkan oleh Abdullah bin ‘Abbas Radhiallahu ‘anhu.

Baca juga : 7 Amalan Yang Dapat Jaminan Rumah Di Surga Jika Rutin Dilakukan

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditunjukkan akan sekumpulan umat yang besar lalu disebutkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

هَذِهِ أُمَّتُكَ وَ مَعَهُمْ سَبْعُونَ أَلْفًا يَدْخُلُونَ الْـجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ وَلاَ عَذَابٍ

“Ini adalah umatmu, dan bersama mereka ada 70.000 orang yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab.” ” (HR. Bukhari no. 6541, Muslim no. 220)

Hadist tersebut merupakan hadits paling terkenal yang memberikan harapan kepada umat muslim untuk masuk surga tanpa hisab dan adzab.

Dibalik harapan tersebut juga ada kekhawatiran dimana jumlah tersebut pasti sudah diborong oleh sahabat Nabi yang merupakan generasi terbaik.

Dilansir dari tulisan Ustadz Dr. Raehanul Bahraen dalam laman sahabat sunnah, disebutkan ada hadits lain memberikan harapan adanya tambahan kuota.

Disebutkan dalam Musnad Ahmad, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إنَّ ربِّي زادَني مع كُلِّ أَلْفٍ سَبعينَ أَلْفًا

“Sesungguhnya Rabb-ku menambahkan untuk setiap 1000 ditambah 70.000 lagi.” (HR. Ahmad no. 23505)

Baca juga ; Amalan Seorang Ibu yang dapat Membuat Dirinya Masuk Surga

Berdasarkan hadits ini, artinya ada 4.970.000 orang dari umat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang masuk surga tanpa hisab dan adzab.

Tetapi angka itu masih sedikit jika dibandingkan jumlah semua umat Islam. Masih ada para tabi’in, tabi’ut tabi’in, para mujahidin, para ulama, dan orang-orang shalih terdahulu.

Namun ternyata angka-angka di atas bukanlah pembatasan karena dalam hadits yang lain disebutkan lebih banyak lagi.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وعدَني ربِّي أن يُدْخِلَ الجنَّةَ مِن أمَّتي سبعينَ ألفًا لا حسابَ علَيهِم ولا عذابَ ، معَ كلِّ ألفٍ سبعونَ ألفًا ، وثلاثُ حثَياتٍ مِن حَثَياتِه

Rabb-ku menjanjikan kepadaku untuk memasukkan umatku ke surga sebanyak 70.000 orang tanpa hisab dan tanpa azab. Dan setiap seribu orang dari mereka membawa 70.000 orang lagi. Dan ditambah lagi dengan tiga cidukan Allah.” (HR. At-Tirmidzi no. 2437, dishahihkan oleh Al-Albani)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan