Ribuan Peristiwa Nikah Pertahun, Kemenag Cirebon Kekurangan Penghulu

JABAR EKSPRES — Angka pernikahan meningkat setiap tahun, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon beberkan jumlah ideal penghulu di wilayah kecamatan.

Hal ini dijelaskan oleh Kasi Binmas Kemenag Kota Cirebon, Rizky Riyadu saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 20 September 2023.

Dia mengaku, jumlah penghulu di Kota Cirebon bisa dibilang tidak ideal, pasalnya dalam sehari di satu wilayah ada 18 lokasi pasangan yang menikah.

“Sekarang ada 12 penghulu se Kota Cirebon,” kata Rizky.

Dikatakannya, seluruh penghulu di Kota Cirebon berstatus ASN, “Semua penghulu pasti ASN, setiap kecamatan 1 KUA ada di tiap-tiap kecamatan,” ujarnya.

BACA JUGA: Panitia Kerja Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji 2024 Segera Dibentuk, Akan Ada Perbaikan!

Dari data yang dimiliknya, Kecamatan Harjamukti menjadi wilayah tertinggi peristiwa nikahnya, hingga mencapai 700 sampai 1000 pertahun.

“Porsi peristiwa nikah yang ada di Kota Cirebon itu, tertinggi Kecamatan Harjamukti, itu kisaran peristiwa nikahnya 700 sampai 1000 N, dalam satu tahun,” ungkapnya.

Jika mengikuti regulasi, idealnya dengan angka peristiwa nikah mencapai 1000, maka dalam 1 KUA memiliki setidaknya 5 penghulu.

“Berdasarkan PMA nomor 21 tahun 2020 itu, minimalnya idealnya itu 5 penghulu untuk Harjamukti kalau 1000 peristiwa nikahnya, saat ini cuma ada 3 penghulu,” bebernya

Begitu juga dengan KUA di empat kecamatan lainnya, Kecamatan Kesambi 3 penghulu, Kecamatan Lemahwungkuk 2 penghulu, Kecamatan Kejaksan 3 penghulu, Kecamatan Harjamukti 3 penghulu.

BACA JUGA: Kelalaian dan Abai Himbauan Jadi Penyebab Kecelakaan di Perlintasan Sebidang Rel Kereta Api

“KUA Pekalipan kisaran 200 sampai 300 idealnya 2, hanya Kecamatan Pekalipan yang paling ideal KUA Pekalipan, sesuai dengan proporsi regulasi,” ulasnya.

Disebutkannya, persitiwa nikah di masing-masing KUA di 3 kecamatan, jumlahnya sekitar 400 sampai 500 peristiwa.

“Kemudian KUA Kesambi peristiwa nikah 500 sampai 700 pertahun itu idealnya 4 penghulu sekarang kan cuma 3,” tuturnya

“KUA Lemahwungkuk peristiwa nikahnya kisaran 400 sampai 500 pertahun idealnya 3, sekarang cuman ada 2 penghulu,” ungkapnya

“KUA Kejaksan, kisarannya 300 sampai 500, idealnya 3 penghulu sekarang ada dua penghulu,” tukasnya. (Mg7)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan