Rekomendasi Makanan Rendah Lemak, Bantu Menjaga Kesehatan Tubuh!

JABAR EKSPRES – Makanan rendah lemak dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan jantung, mengontrol berat badan, hingga mengelola kondisi medis tertentu seperti kolesterol tinggi.

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi makanan  yang baik bagi kesehatan :

Rekomendasi Makanan Rendah Lemak

  • Sayuran hijau

Sayuran seperti brokoli, bayam, kale, dan selada hijau rendah lemak dan kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Mereka dapat dimasukkan dalam berbagai hidangan seperti salad, tumis, atau sup.

  • Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, stroberi, buah beri, dan jeruk rendah lemak dan kaya akan serat dan antioksidan. Mereka dapat menjadi camilan sehat atau tambahan dalam sarapan.

BACA JUGA: Masuk Dalam Jenis Jelly Fungi, Berikut Ini Manfaat Dari Jamur Kuping!

  • Ikan berlemak

Ikan seperti salmon, makarel, sarden, dan trout mengandung lemak sehat omega-3 yang dapat mendukung kesehatan jantung. Cobalah untuk mengonsumsi ikan ini beberapa kali dalam seminggu.

  • Gandum utuh

Roti gandum utuh, sereal gandum utuh, dan beras coklat merupakan makanan dengan sumber karbohidrat kompleks yang lebih sehat dan rendah lemak dibandingkan dengan produk olahan berbasis gandum.

  • Ayam tanpa kulit

Daging ayam tanpa kulit adalah sumber protein rendah lemak. Hindari menggorengnya dan lebih baik memasaknya dengan metode yang lebih sehat seperti panggang, rebus, atau kukus.

BACA JUGA: Selain Cocok Untuk Diet Vegan, Ketahui Manfaat Lain Waluh!

  • Tofu dan tempeh

Tofu dan tempeh adalah alternatif protein nabati rendah lemak yang kaya akan protein dan rendah lemak jenuh. Mereka bisa digunakan dalam berbagai hidangan seperti tumisan, sup, atau salad.

  • Yogurt rendah lemak

Yogurt rendah lemak merupakan salah satu rekomendasi makanan yang miliki sumber kalsium yang baik dan bisa menjadi camilan sehat atau bahan dasar smoothie.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang merah mengandung lemak sehat, serat, dan protein. Mereka bisa dijadikan camilan sehat atau ditambahkan ke salad.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun extra virgin mengandung lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. kamu bisa menggunakannya untuk memasak atau sebagai dressing salad.

Tinggalkan Balasan