Bantuan Pangan Tahap Dua Dimulai, Ribuan Ton Beras Disalurkan ke Masyarakat Cirebon

JABAR EKSPRES — Perum Bulog Cabang Cirebon kembali salurkan bantuan pangan, kepada ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) dari program Badan Pangan Nasional.

Penyaluran ini berlangsung selama tiga bulan, Bulan September, Oktober dan November 2023.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, menyampaikan bantuan pangan masif diberikan kepada masyarakat oleh Bulog Cabang Cirebon.

“Mudah-mudahan ini dapat membantu masyarakat dalam ketahanan pangan,” katanya saat pelepasan trek pendistribusian beras bantuan pangan, Selasa 19 September 2023.

BACA JUGA : Diakhir Masa Jabatannya, Nashrudin Azis Ungkap Tetap Optimal Jalankan Tugas sebagai Wali Kota Cirebon

Dari data yang dimiliki Dinas Sosial Kota Cirebon, bantuan pangan ini diberikan kepada 36 ribu KPM di Kota Cirebon.

Untuk menekan angka penyaluran bantuan tidak tepat sasaran, dia memastikan data tersebut sudah diperbaharui melalui verifikasi faktual.

“Karena dipastikan pasti dilapangan akan berganti, bisa saja tadinya tidak miskin sekarang miskin, semua proses usulan kita sudah tempuh, tapi mungkin butuh waktu,” ujarnya.

“Saya selalu mengingatkan BPS verfak pemutahiran data ini sangat urgent, apakah butuh setiap tahun atau dua tahun sekali kita evaluasi jangan sampai ada ketimpangan data di lapangan,” tambahnya.

Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Imam Firdaus Jamal, menambahkan Kota Cirebon mendapat bantuan 360 ton beras dari program Badan Pangan Nasional.

BACA JUGA : Bantu Pembangunan Infrastruktur, TNI AD Kodim 0613 Ciamis Laksanakan Program TMMD ke-118

“Penyaluran cadangan beras bantuan pangan pemerintah ini untuk Cirebon, Kuningan, Majalengka, sekitar 5600 ton, kebutuhan tiga alokasi tersebut bisa 16 sampai 18 ribu ton,” jelasnya.

Dari persediaan beras di komplek pergudangan milik Bulog Cabang Cirebon, Imam memastikan penyaluran terhadap tiga daerah mampu terpenuhi.

“Kami sampaikan persediaan setara beras di komplek pergudangan di wilayah kerja 48 sampai 49 ribu ton, insyallah dapat mencukupi untuk penyaluran bantuan pangan beras ini,” bebernya.

Tahap kedua ini, yang dilaksanakan di Bulan Setember sampai November jika ditotal untuk wilayah Cirebon alokasinya sebesar 1.000 sampai 1.100 ton beras.

“Beras medium 10/kg per KPM alokasi beras, by name by adress, untuk penyaluran bantuan ini menggunakan beras yang ada di gudang Bulog dengan beras impor yang ada,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan